Awal Tahun Harga Daging Ayam Tembus Rp 34 Ribu per Kilogram – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Awal Tahun Harga Daging Ayam Tembus Rp 34 Ribu per Kilogram

TEMANGGUNG – Memasuki awal tahun 2016 ini, harga daging sapi maupun ayam potong di pasar tradisional Kabupaten Temanggung melonjak tajam. Bahkan untuk daging ayam potong kenaikan harga saat ini mencapai harga tertinggi, berkisar Rp34 ribu per kilonya.

Salah seorang pedagang daging ayam potong di Pasar Kliwon Temanggung yang ditemui Rakyat Jateng (Fajar Grup), Rofikna (48) mengungkapkan kenaikan sudah dirasakan sejak dua pekan terakhir. Harga daging ayam naik dari Rp28.000 per kilonya menjadi Rp30.000 per kilonya. Bahkan untuk saat ini tembus di kisaran Rp34.000 per kilonya.
“Harganya terus meningkat, sejak Mauludan itu terus meningkat, sekarang sudah di kisaran Rp33 ribu hingga Rp34 ribu per kilonya,” katanya, Senin (4/1).
Ia menerangkan salah satu pemicu naiknya harga ayam potong karena sulitnya pasokan dari peternak, sementara permintaan masih cukup tinggi.
“Biasanya saya dapat 2 kuintal lebih, sekarang cuma dapat 1,5 kuintal, itupun harus pagi-pagi banget pesannya. Kalau kesiangan ya gak dapat pasokan,” terangnya.
Imbas kenaikan ini cukup dirasakan para pedagang. Pasalnya, dengan kenaikan harga ini jumlah pembeli semakin merosot hingga 50 persen. Sebelumnya mereka bisa menjual 40 kilogram, kini maksimal hanya 20 kilogram saja.
Hal yang sama juga dirasakan untuk daging sapi, harga daging sapi masih bertahan tinggi, Saat ini harga daging sapi kualitas super berada di kisaran Rp110.000 per kilonya, padahal normalnya di kisaran Rp100.000 per kilonya.
“Untuk kualitas biasa, semula dijual pada kisaran Rp70.000 per kilo, namun kini naik menjadi Rp75.000 per kilo. Kualitas sedang, dari Rp90.000 per kilo, kini dijual Rp95.000 per kilo,” kata salah satu pedagang daging sapi, Iriyanti (51). (din)

loading...
Click to comment
To Top