Baru Sehari Menjabat, Walikota Ini Tewas Ditembak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Baru Sehari Menjabat, Walikota Ini Tewas Ditembak

FAJAR.CO.ID, CUERNAVACA – Wali Kota Temixco, Morelos, Meksiko, Gisela Mota Ocampo (33), tidak bisa menikmati jabatannya dalam waktu lama. Baru sehari diambil sumpah sebagai wali kota, Gisela dibunuh lima pria bersenjata di rumahnya.

Dua pelaku ditembak mati polisi, sedangkan tiga lainnya ditahan. Belum diketahui motif pembunuhan itu. Saat ini otoritas keamanan setempat masih memeriksa para pelaku yang sudah ditangkap.

Ocampo diambil sumpahnya sebagai wali kota, Jumat (1/1) lalu. Sementara pembunuhan terjadi Sabtu (2/1) pagi. Pelaku masuk rumah Ocampo dan menembaknya di dekat pintu. Pada saat kejadian seluruh anggota keluarga korban berada di rumah.

“Dua orang dewasa dan satu remaja telah ditangkap dan akan diadili,” ujar Jasa Agung Negara Bagian Morelos Perez Duron. Gubernur Morelos Graco Ramirez berjanji tidak akan ada ampunan untuk para pembunuh Ocampo.

Selama ini Morelos terkenal memiliki banyak kartel obat terlarang. Penculikan, pembunuhan, dan kekerasan akibat obat terlarang sudah biasa terjadi di Morelos.

Saat kampanye, Ocampo pernah berjanji memerangi masalah tersebut. Diprediksi, hal itulah yang menjadi pemicu serangan yang mengakibatkan kematian Ocampo.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto saat menjabat Desember 2012 pernah berjanji mengurangi pembunuhan, penculikan, dan kekerasan yang terjadi di negaranya. Namun, hingga kini angka pembunuhan di Meksiko masih tinggi.

Sepanjang satu dekade ini, lebih dari 100 ribu orang tewas maupun diculik. Hampir seluruhnya berhubungan dengan perdagangan obat terlarang. (AFP/BBC/CNN/sha/c15/tia)

To Top