Luar Biasa, PAD Pantai Bira Rp 172 Juta Saat Malam Tahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Luar Biasa, PAD Pantai Bira Rp 172 Juta Saat Malam Tahun

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Pada pergantian tahun 2015-2016 wisata bahari pantai pasir putih Bira, berhasil mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp172 juta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba, Djunaedi Abdillah mengatakan, pada pergantian tahun atau tahun baru 1 Januari 2016 lalu, Bira berhasil mendongkrak pencapaian PAD disektor pariwisata sebanyak 2,5 persen.

PAD sebesar Rp172 juta merupakan pajak dari retribusi masuk, Kafe, serta pajak dari Hotel dan wisma yang digunakan pengunjung untuk bertahun baru. “Intinya kepada masyarakat, bukan kepada daerah, luar biasa perputaran ekonomi khusus di Bira pada tahun baru kemarin, mereka beli makanan kita, baju, hingga aksesoris,” ujarnya, Senin 4 Januari.

Meski demikian, Djunaedi mengaku, target PAD khusus Pariwisata tidak berhasil dicapai. Target yang telah ditetapkan sebanyak Rp2.328.500.000, sedangkan capaiannya hanya sebesar Rp1.711.600.000 atau setara 73,11 persen.

2016 mendatang, dia berjanji akan melakukan pembangunan beberapa destina wisata lainnya guna mendukung pencapaian PAD wisata Bulukumba. “Tahun ini kita belum bisa mencapai PAD 100 persen, namun untuk tahun 2016, kami akan melakukan beberapa pembangunan seperti Apparalang dan Mandala Ria, guna menarik pengunjung yang lebih banyak, dan membantu pendapatan wisata yang selama ini masih dititik beratkan pada Pantai Bira,” katanya. (mustaqim/dwiyani/FAJARONLINE.COM)

loading...
Click to comment
To Top