Polri-KPK Siap Kerja Sama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Polri-KPK Siap Kerja Sama

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 untuk pertama kalinya menggelar audensi dengan Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti. Pertemuan digelar di Rupatama Mabes Polri, Senin (04/01).

“Ini adalag pertemuan perdana antara Polri dan KPK dengan pimpinan baru, karena masing-masing lembaga memiliki kelebihan tersendiri,” ujar Badrodin usai menemui pimpinan KPK.

Pertemuan ini juga membahas kerja sama antara kedua institusi. Salah satunya membentuk tim reaksi cepat yang melibatkan KPK dan Polri, serta membuat pilot project dalam hal pembenahan sistem di tempat yang rawan terjadi tindak pidana korupsi.

Badrodin mencontohkan, salah satu daerah yang rawan korupsi adalah Provinsi Riau. Sebab, sudah tiga gubernur di provinsi yang dijerat KPK.

Lebih lanjut Badrodin menjelaskan, unit reaksi cepat itu bertugas mencegah dan meneliti sistem penyaluran anggaran. “Jadi sistemnya yang harus dibenahi untuk mencegah terjadinya tindak koruspi,” tambahnya.

Selain itu, Polri dan KPK juga membahas kerja sama penanganan kasus korupsi yang ada di komisi anturasuah itu. Sebab, KPK memiliki banyak kasus yang harus ditangani.

“Bisa memaksimalkan penyidik Polri, bukan berarti di-BKO (bawah kendali operasi), tapi hanya sementara, pemegang komando tetap KPK,” sambung mantan Kabaharkam Polri ini. (elf/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top