10 Hari, Polisi Amankan 68 Begal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

10 Hari, Polisi Amankan 68 Begal

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Begal kembali merajalela di Makassar. Buktinya, selama 10 hari terakhir polisi berhasil meringkus 68 begal.

Para pelaku diamankan di wilayah Polrestabes Makassar pada 25 Desember 2015 sampai 3 Januari 2016. Terbanyak pada 1-3 Januari. Sebanyak 19 pelaku curas diciduk. Ironisnya, 12 pelaku di antaranya merupakan anak di bawah umur.

Senin, 4 Januari kepolisian memperlihatkan para begal kepada awak media di halaman Polrestabes Makassar. Selain pelaku yang sebagian sudah tertembak kakinya, barang bukti senjata tajam juga dipamerkan. Di antaranya busur, parang, badik, motor, dan barang elektronik.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Rusdi Hartono, memaparkan kejadian yang paling mengundang perhatian di Kecamatan Manggala. Polisi mengamankan 12 pelaku yang masih di bawah umur.

“Walaupun di bawah umur, perbuatan mereka keji. Mereka melukai korbannya menggunakan busur dan parang. Masih ada tiga orang yang menjadi DPO (daftar pencarian orang, red),” katanya saat konferensi pers di halaman Polrestabes Makassar, kemarin.

Kasatreskrim Polrestabes Makassar, Noviana Tursa Nurohmad, menambahkan bahwa dalam 10 hari tersebut kriminal yang menonjol adalah 27 curas (pencurian dengan kekerasan), tujuh curat (pencurian dengan pemberatan), dan 20 curanmor (pencurian kendaraan bermotor). Barang bukti yang disita 14 senjata tajam.

Terkait dengan pelaku di bawah umur, kata dia, jika terbukti bersalah tetap diproses sesuai pasal 365 ayat 4 KUHP. Ancaman hukumannya 12 tahun penjara. Kendati begitu, tetap diperingan dengan UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak. (dzaki/dian/FAJARONLINE)

Click to comment
To Top