541 Santri di Kudus Dapat Beasiswa Kemenag – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

541 Santri di Kudus Dapat Beasiswa Kemenag

KUDUS – Sebanyak 541 santri di Kabupaten Kudus memperoleh beasiswa kurang mampu yang digulirkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Senin (4/1).

Menurut Kepala Kemenag Kudus, Hambali bahwa santri-santri yang memperoleh beasiswa tersebut merupakan santri yang menetap dan tidak mengenyam pendidikan formal.
Setiap santri memperoleh Rp3 juta per tahun untuk memenuhi keperluan selama mengenyam pendidikan di pesantren. Pengajuan beasiswa ini harus melalui proses verifikasi mulai dari Kemenag kabupaten hingga pusat.
“Program yang baru dimulai tahun 2015. Ini sangat membantu santri, terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu. Program beasiswa ini juga diutamakan bagi santri yang berusia di bawah 21 tahun,” katanya.
Sementara, Hambali menjelaskan untuk santri yang usianya di atas 21 tahun, saat ini belum diketahui hasil verifikasinya.
Selain beasiswa santri kurang mampu, tahun 2015, Kemenag juga memberikan beasiswa kepada 90 santri tahfidz atau penghafal Alquran. Syarat penerima beasiswa sendiri minimal hafal juz Alquran untuk tahun pertama program penghafalan.
“Sebenarnya ada banyak yang memenuhi kriteria. Namun, ada kuota dan proses verifikasi,” jelasnya.
Hambali memastikan santri pondok pesantren tahun ini telah memperoleh hak-hak sebagaimana siswa di sekolah formal. Program-program beasiswa ini dimungkinkan akan terus berjalan pada tahun-tahun selanjutnya.
“Tak hanya beasiswa, program pembinaan untuk santri dan pondok pesantren juga terus dilakukan. Bahkan, santri dan pondok pesantren didorong untuk mandiri melalui program-program kewirausahaan. Untuk pengembangan akademik, kemenag juga memberikan bantuan perpustakaan bagi pesantren,” pungkasnya. (nr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top