Berkas Ketua Golkar Salatiga Segera Dilimpahkan ke Kejari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Berkas Ketua Golkar Salatiga Segera Dilimpahkan ke Kejari

SALATIGA – Kasus dugaan penyelewengan dana bantuan untuk partai politik (banpol) yang menyeret Ketua DPD Partai Golkar Kota Salatiga, Agung Setiyono SH sebagai tersangka akhirnya memasuki babak baru. Berkas acara pemeriksaan (BAP) Agung dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Salatiga.

Dengan lengkapnya berkas pemeriksaan itu, maka penyidik Polres Salatiga akan melimpahkan yang bersangkutan ke Kejari Salatiga, tersangka (Agung) beserta berkas dan barang buktinya.
Kapolres Salatiga AKBP Yudho Hermanto SIK mengatakan, berkas itu sempat dikembalikan ke Polres Salatiga untuk melengkapi kekurangan (P19). Namun, akhirnya dinyatakan lengkap oleh Kejari Salatiga. Dalam waktu dekat, berkas itu akan dilimpahkan ke kejaksaan.
Ditambahkan, dalam menanggani kasus ini, penyidik juga mendatangkan tim ahli untuk melakukan audit kerugian negara yang ditimbulkan oleh perbuatan Agung. Dari hasil audit, ternyata ada penyimpangan dana bantuan untuk partai politik yang tidak sesuai dengan peruntukkannya sebesar Rp130 juta. Dari kerugian negara itu, penyidik lalu melakukan penyitaan barang bukti sebesar Rp130 juta dari Agung.
“Barang bukti, berkas dan tersangka dalam waktu dekat kami limpahkan, pelimpahan ini masuk tahap kedua di Kejari Salatiga,” kata AKBP Yudho Hermanto, Senin (4/1).
Diketahui, pada bulan Februari 2015 lalu, Polres Salatiga telah menetapkan Agung Setiyono SH, Ketua DPD Partai Golkar Kota Salatiga yang juga mantan anggota DPRD Kota Salatiga sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyimpangan dana bantuan politik (banpol) ke DPD Partai Golkar Salatiga.
Kasus ini mencuat setelah Kepala Sekretariat DPD Partai Golkar Kota Salatiga, Gancar Widarso melaporkan Agung Setiyono SH ke Mapolres Salatiga. Dalam laporannya itu, diduga Agung telah menggelapkan dana partai. Dugaan penggelapan itu terhitung mulai tahun 2010 hingga 2013 dengan total mencapai Rp 183 juta. (hes)

Click to comment
To Top