Bupati Kudus Bagikan 85 Motor Sampah ke Desa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Bupati Kudus Bagikan 85 Motor Sampah ke Desa

KUDUS – Guna menjaga kebersihan wilayah Kabupaten Kudus dan mempertahankan Adipura pada tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Kudus memberikan 85 sepeda motor sampah pada kelurahan dan desa se-Kabupaten Kudus. Sebenarnya pengadaan dari Dinas Ciptakarya dan Tata Ruang dengan anggaran Rp4,4 miliar itu untuk 90 kendaraan. Namun 5 dibagikan ke depo-depo sampah yang selama ini dikelola dinas.

“Pemkab ingin membantu para kades agar bisa membersihkan sampah-sampah di wilayahnya. Ini bukan hibah tapi pinjam pakai. Jadi jangan digadaikan. Sebab diserahterima tadi ada beberapa pasal diantaranya harus menjaga, merawat, mengubah bentuk, mengubah warna,” kata Bupati Musthofa dalam sambutanya.
Oleh karena itu, Bupati Musthofa berharap pada semua camat sebagai koordinator wilayah untuk mengawasi penggunaan kendaraan motor sampah ini di masing-masing desa dan kelurahan. Sedangkan untuk biaya pemeliharaan pada kades dan lurah beralasan tidak ada anggaran. Sebab, dana itu bisa diambilkan dari dana desa yang turun dari pusat.
“Jangan ada alasan motor sampah macet karena tidak ada dana untuk menggaji operatornya. Masukan ke APBDes ,” jelasnya.
Dengan adanya motor sampah ini Bupati menegaskan tidak ingin lagi mendengar adanya berita sampah menumpuk atau sampah berserakan di wilayahnya. Sehingga sebagai langkah selanjutnya, pemkab menunggu usulan dari desa dan kecamatan terkait rencana pembangunan untuk mempercantik desa dan kelurahan.
“Jangan ada lagi konflik atau intrik antar wilayah. Ada sampah menumpuk tidak mau membersihkan dengan alasan gang itu menjadi wilayah desa sebelahnya. Tadi malam saya keliling ke desa-desa sampai dinihari. Saya lihat kepedulian terhadap pos kamling di wilayahnya sangat minim,” tandasnya.
Sementara Plt. Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Sumiyatun dalam laporanya mengatakan, jumlah becak motor yang diserahkan total ada 90 unit. 85 unit untuk desa dan kelurahan sedangkan sisanya 5 unit untuk depo sampah di kabupaten. Dari 85 unit untuk pemdes dan kelurahan terbagi untuk desa kelurahan di sembilan kecamatan. Perincianya 14 unit untuk desa di Kecamatan Jati, 10 unit untuk Bae, 24 unit untuk Kota, 10 unit Jekulo, 4 unit Mejobo, 10 unit untuk Kaliwungu, 3 unit untuk Dawe, dan untuk Gebog dan Undaan masing-masing menerima bantuan 5 unit.
“Memang tidak semua desa dan kelurahan menerima bantuan becak motor sampah dengan pertimbangan melihat letak geografis masing-masing wilayah,” ucap Sumiyatun. (sf)

loading...
Click to comment
To Top