Di Bulungan, Tambang Emas Illegal Masih Banyak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Di Bulungan, Tambang Emas Illegal Masih Banyak

FAJAR.CO.ID, TANJUNG SELOR – Potensi emas di Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan tak henti ‘memaksa’ para penggali untuk kembali menambang secara ilegal.  Lubang yang sudah ditutup pun kembali menganga.

Penangkapan demi penangkapan pelaku illegal mining sekaligus menutup eks bekas lubang tambang bukan tak dilakukan Polres Bulungan. Hanya saja seolah bertepuk sebelah tangan. Tidak memberikan efek jera. Mesin-mesin tradisional kembali beroperasi.

“Harus diberantas dengan sungguh-sungguh,” tegas Kapolres Bulungan AKBP Ahmad Sulaiman baru-baru ini.

Sedianya, Polres Bulungan sewaktu kali pertama turun ke lokasi pertambangan sudah menimbun eks lubang tambang di wilayah perkebunan sawit tersebut. “Jika kami melakukan penindakan jangan sampai masyarakat setempat menjadi penghadang bagi kami,” sebut mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Artinya, jangan sampai warga setempat yang malah menjadi kawan dari para penambang yang mayoritas berasal dari luar daerah tersebut. Sulaiman menambahkan, warga Sekatak perlahan juga menyadari bahaya mengancam imbas dari penambangan. (asm/jos/jpnn)

Click to comment
To Top