Harga Elpiji Juga Ikut Turun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Harga Elpiji Juga Ikut Turun

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ibu rumah tangga sepertinya juga ikut senang. Sebab, Selasa (5/1) harga elpiji 12 kg dan Bright Gas 5,5 kg milik PT Pertamina (Persero) turun. Rata-rata nasional, besaran penurunannya Rp 5.800 per tabung untuk gas tabung biru atau 12 kg.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang kemarin (4/1) menjelaskan, surat keputusan penurunan harga itu sudah ditandatangani. Jadi, tidak mungkin ada pembatalan. Memang besaran penurunan harga di berbagai daerah bisa bermacam-macam. Tapi, kisarannya lebih dari Rp 5 ribu per tabung.

“Jabodetabek misalnya. Yang 12 kg turun Rp 5.600,” ucapnya. Artinya, harga elpiji 12 kg dari Rp 134.600 menjadi Rp 129 ribu per tabung. Lantas, harga produk baru, yakni Bright Gas 5,5 kg, tutur dia, ikut turun dengan kisaran Rp 4.800 per tabung.

Lebih lanjut dia menjelaskan, penurunan harga elpiji dipicu contract price (CP) Aramco selama akhir 2015.

Harga terbaru yang menjadi acuan Pertamina untuk menentukan harga jual elpiji, papar dia, keluar akhir pekan lalu. Lantas, perseroan menghitung harga keekonomian hingga diputuskan ada penurunan. “Berlaku nasional,” terangnya.

Sedangkan harga elpiji 3 kg tidak mengalami perubahan. Elpiji tabung melon itu masih mengikuti harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditentukan tiap daerah. Sebagai produk bersubsidi, kecil kemungkinan harga elpiji 3 kg berubah sepanjang 2016. (owi/dim/dee/c11/agm/end/mas)

loading...
Click to comment
To Top