Kesandung Kasus Dugaan Korupsi, 2 PNS Terancam Dipecat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Kesandung Kasus Dugaan Korupsi, 2 PNS Terancam Dipecat

KENDAL – Akibat menjadi tersangka dalam dugaan korupsi pengadaan alat praktek peraga atau praktek Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Kendal tahun 2012, dua PNS terancam dipecat.

Sebenarnya kasus tersebut menjerat tiga PNS pada Dinas Pendidikan, namun satu orang pada akhirnya mengajukan pensiun atau berhenti Atas Permintaan Sendiri (APS) sehingga tersisa dua orang PNS yang masih dinyatakan aktif. Dua orang tersebut yaitu seorang guru SMK negeri berinisial AW dan seorang guru SMP negeri berinisiap Sc. Sementara seorang kepala SMK berinisial SY telah pensiun.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kendal, Drs Agus Sumaryono, saat ditemui di kantornya, Senin (4/1), mengatakan, PNS tersebut terancam terkena sanksi pemberhentian karena terkena kasus korupsi. Namun, pihaknya sampai sekarang belum melakukan proses pengenaan sanksi hanya pemberhentian sementara, sembari menunggu hasil keputusan in kracht dari pengadilan.
“Satu orang sudah pensiun, sementara dua orang lainnya masih aktif menjadi PNS sehingga terancam terkena sanksi. Namun hal ini masih menunggu keputusan akhir dari pengadilan, mereka terancam diberhentikan karena tersangkut kasus Tipikor,” ujarnya.
Menurut Agus Sumaryono, dalam UU Tipikor, sanksi yang dikenakan kepada PNS tidak mengenal beberapa tahun lama hukuman yang dikenakannya. Hukuman dikenakan karena pelanggaran terhadap jabatannya, sehingga kedua orang tersebut tetap akan diberhentikan.
“Saat ini keduanya masih berstatus diberhentikan sementara, namun bila keduanya telah mendapatkan keputusan tetap dari pengadilan dan dinyatakan bersalah, baru akan dijatuhi sanksi pemberhentian,” terangnya. (im)

loading...
Click to comment
To Top