SD Panjang 03 Ambarawa Juara Umum Lomba Baca Puisi Pelajar SD se-Kabupaten Semarang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

SD Panjang 03 Ambarawa Juara Umum Lomba Baca Puisi Pelajar SD se-Kabupaten Semarang

SEMARANG – Sebanyak 38 pelajar sekolah dasar (SD) se Kabupaten Semarang mengikuti Lomba Baca Puisi dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi yang digelar Badan Pekerja Nasional – Indonesian Corruption Investigation (BPN-ICI) Wilayah Jawa Tengah, Selasa (5/1). Lomba tersebut digelar di Aula Kantor Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang.

Hasil penilaian enam orang dewan juri, akhirnya menghasilkan enam orang pemenang. Masing-masing, juara I diraih Ayudya Lintang K (SD Panjang 03 Kecamatan Ambarawa), juara II oleh Mustika Rahmadanti (SD Bawen 01), juara III adalah Damara Ardianto (SDIT Getasan). Sedangkan juara harapan I diraih Nutqi Amirull Firdaus (SD Medayu Suruh), harapan II diraih Maharani Quint Qonita (SD Sumowono 02), dan juara harapan III adalah Fadilah Shaharani (SD Banyubiru 03).
“Peserta lomba baca puisi tingkat SD ini sengaja kami batasi, dan masing-masing kecamatan mengirimkan dua utusannya. Para pemenang selain mendapatkan piala dan piagam, juara pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, juara II Rp 750.000 dan juara III Rp 500.000,” jelas Sodiq, Wakil Direktur Bidang Pemberdayaan Masyarakat (Wadirpermas) dan Humas BPN ICI Jateng kepada Rakyat Jateng (Fajar Grup), Selasa (5/1).
Sementara, Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, Agus Wisnugroho menyatakan, bahwa pihaknya yaitu Dinas Pendidikan sangat mendukung kegiatan lomba baca puisis tingkat SD ini. Pasalnya, dari tema puisi tentang anti korupsi, maka secara tidak langsung telah menanamkam mental dan karakter pada diri anak-anak. Bahkan, jika perlu digelar lomba untuk tingkat SMP, SMA maupun SMK dan umum. Sehingga budaya anti korupsi akan tertanam sejak dini.
“Meski hanya baca puisi, ternyata puisi yang dibaca anak-anak itu sangat konsen dengan anti atau bahaya korupsi. Bahkan, boleh dibilang banyak sindiran-sindiran tentang korupsi. Ini sungguh luar biasa dan kami akan siap mendukung. Secara tegas saya katakan, bahwa melalui kegiatan ini, anak-anak telah terpatri pada kejujuran dan integritasnya,” tandas Agus Wisnugroho. (hes)

loading...
Click to comment
To Top