Seks Berlebihan Picu Penyakit Jantung? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Seks Berlebihan Picu Penyakit Jantung?

Seks Berlebihan Picu Penyakit Jantung

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Apapun yang dilakukan secara berlebihan tentu sangat tidak bagus. Termasuk juga dalam berhubungan intim atau seks. Nah, melakukannya secara berlebihan punya dampak negatif loh.

Pakar Andrologi Makassar, Prof Dr Randanan Bandaso menjelaskan bahwa apapun itu jika dilakukan secara berlebihan akan berakibat negatif dan tidak baik.

Hubungan seksual misalnya, efek bukan hanya terjadi pada satu orang tetapi kedua pasangan. Bagi pria, seks berlebihan sangat rawan terkena penyakit jantung. Sebab, tak ubahnya olahraga, seks merupakan satu bentuk lain dari aktivitas kardiovaskular.

Sama seperti aktivitas kardiovaskular lainnya (aerobik, spinner, treadmill), jika membuat jantung terbebani sangat rawan akibatnya. Meski kasusnya jarang tetapi dapat berujung kematian.

“Kalau penderita jantung yang naik satu tangga saja tidak bisa, jangan coba-coba melakukan seks berlebihan. Kecuali yang masih mampu naik tangga hingga tiga anak tangga,” katanya.

Terpisah, Spesialis Urologi RS Internasional Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr. Azwar Amir, Sp.U mengungkapkan bahwa penderita jantung harus mengatur hubungan seksualnya. Aktivitas jantung harus terjaga agar tidak membuat penderita jantung tersebut kolaps.

Untuk efek bagi pria jika dilakukan dalam kondisi normal, menurut Azwar tidak masalah. Katanya, sebuah penelitian di Inggris pada pria yang melakukan hubungan tiga kali seminggu dengan yang melakukannya setiap hari tidak ada masalah sepanjang bisa enjoy dan dinikmati.

“Beda kalau dia hiperseks, terlalu bersemangat dan melakukan secara terburu-buru maka dapat menimbulkan fraktur,” jelasnya.

loading...
Click to comment
To Top