Temuan Tanaman Ganja di Salatiga, Kasus Terbesar di Jateng – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Temuan Tanaman Ganja di Salatiga, Kasus Terbesar di Jateng

SALATIGA – Pengungkapan kasus penanaman ganja hingga 24 pohon setinggi kurang lebih dua meter di Salatiga ini, tergolong terbesar dalam rentang waktu tahun 2015 di Jawa Tengah. Meski penangkapan terhadap tersangka beserta pohon ganja, bibit maupun ganja kering pada bulan Januari 2016. Demikian diungkapkan Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Eko Widodo kepada Rakyat Jateng, di Polsek Tingkir, Salatiga, Senin (4/1) siang.

“Kali ini, termasuk temuan terbesar di tahun 2015 dan mengawali tahun 2016. Untuk itu, kami perintahkan untuk proses tetap dilanjutkan. Dan, kepada jajaran Polres Salatiga untuk ‘pasang mata dan telinga’, apakah ada jaringannya ataukah hanya tersangka sendiri yang menggunakan ganja tersebut,” kata Kombes Pol Eko Widodo didampingi Kabag Bin Ops Diresnarkoba Polda Jateng AKBP Sunarto dan Kapolres Salatiga AKBP Yudho Hermanto.
Selain itu, seluruh jajaran Polres Salatiga juga harus waspada terhadap lahan lain di Salatiga jika ternyata masih ada yang menggunakannya untuk ditanami ganja secara diam-diam. Bahkan, dicampur dengan tanaman lain yang tidak jelas akan tanaman ganjanya.
Kapolres Salatiga AKBP Yudho Hermanto SIK menyatakan, bahwa sesuai dengan petunjuk jaksa adalah hitungan pohon ganjanya. Namun, pihaknya masih tetap mengembangkan dan mendalami apakah melibatkan jaringan peredaran ganja ataukah tidak. Sementara, dari pengakuan tersangka Kuncoro Setia Budi alias Tikun (48), ganja tersebut dinikmati sendiri.
“Sementara, tersangka mengaku menikmati ganja itu sendiri sejak beberapa tahun ini. Namun, pengakuan itu tetap akan kita kembangkan dan dalami. Tersangka akan dijerat dengan Pasal 117 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan diancam hukuman selama delapan tahun penjara,” tandas AKBP Yudho Hermanto didampingi Kasat Narkoba Polres Salatiga AKP siti Markumah SH dan Kapolsek Tingkir Kompol Harry Sutadi SSos. (hes)

Click to comment
To Top