Yuddy Chrisnandi di Jalan yang Benar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Yuddy Chrisnandi di Jalan yang Benar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi telah menjalankan perannya sebagai pembantu Presiden, khususnya dalam menerjemahkan agenda Revolusi Mental di kalangan aparatur negara.

Jika tahun 2015 dimaknai sebagai tahun konsolidasi internal Pemerintahan, maka tahun 2016 ini dicanangkan sebagai tahun percepatan berbagai program pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Demikian disampaikan Mukhtar Tempo, Direktur Eksekutif Lontara Madani Indonesia, melalui rilisnya, Selasa (5/1). “Di awal tahun ini, Kemenpan-RB yang dipimpin Yuddy Chrisnandi, mengumumkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) secara terbuka ke publik. Langkah tersebut merupakan rangkaian upaya mengakselerasi reformasi birokrasi, sebagaimana harapan yang sering disampaikan oleh Presiden Jokowi di berbagai  kesempatan.” Katanya.

LAKIP merupakan produk dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku. Kalau akuntabilitas keuangan hasilnya berupa laporan keuangan, sedangkan produk akhir dari SAKIP adalah LAKIP, yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN.

Dia mengatakan, penilaian laporan akuntabilitas kinerja yang telah dilakukan Kemepan-RB bersifat sangat akademis, komprehensif, dan berlandaskan konstitusi serta bisa dipertanggungjawabkan. Dengan adanya penilaian atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, diharapkan mampu memberikan lecutan semangat bagi setiap instansi untuk menjadi lebih baik.

“Laporan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) tidak tidak  terkait dengan isu resuffle Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla. Tetapi akuntabilitas  kinerja merupakan dorongan kepada seluruh instansi pemerintah untuk terus meningkatkan tata kelola pemerintahan yang demi mewujudkan pemerintahan kelas dunia dalam tiga tahun ke depan. Hal itu dilakukan untuk melakukan pengukuran kinerja instansi pemerintah.” Katanya. (fmc)

Click to comment
To Top