Aroma Terapi Terbukti Beri Rasa Nyaman dan Tenang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Aroma Terapi Terbukti Beri Rasa Nyaman dan Tenang

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebagian orang memilih menghirup wangi-wangian sebagai penenang, misalnya saat sakit kepala atau pusing. Nah, saat ini wewangian diolah menjadi aroma terapi.

Aroma terapi bukan suatu hal yang sulit didapatkan. Di warung-warung kecil, apotek, swalayan hingga super market, dijual bebas. Kegunaannya pun beragam, ada yang sekadar dijadikan parfum, ada juga untuk minyak oles pada anggota tubuh tertentu yang sakit juga untuk pijat.

Namun pada intinya adalah wangi yang ditimbulkan diyakini memberikan rasa nyaman sehingga diri menjadi tenang. Sebagaimana dijelaskan Spesialis Neurologo RS. Internasional Wahidin Sudiro Husodo (RSWS), dr Muhammad Yunus Amran, bahwa aroma tertentu memberikan efek pada tubuh.

Ia menjelaskan bahwa aroma terapi diambil dari bunga, akar dan sebagainya kemudian diolah menjadi minyak. Aroma terapi sekaitan dengan indra penciuman. Selanjutnya saraf penciuman akan membawa ke otak lalu otak mengolahnya dan mengenalinya sebagai aroma yang kalem dan menenangkan.

“Bau-bauan ini otak mengenalinya sebagai stimulus sehingga merangsang hormon-hormon tertentu. Hormon inilah yang bekerja di dalam tubuh,” katanya.

Lebih jauh, Yunus, sapaannya menjelaskan bahwa aroma jasmin contohnya. Jasmin dipercaya berfungsi membuat pikiran menjadi tenang. Cara kerjanya adalah jasmin merangsang hormon enkephalins and endorphins yang saat bersirkulasi dalam tubuh maka tubuh menjadi damai.

“Kalau digunakan massage beda lagi, aromanya lebih menyerap ke tubuh selain tetap tercium oleh indra penciuman,” ujarnya.

loading...
Click to comment
To Top