Latih Kekuatan Tulang dengan Skiping Rope – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Latih Kekuatan Tulang dengan Skiping Rope

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Lompat tali atau kerennya Skipping Rope bukan suatu yang asing di kalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Skipping rope bahkan terkenal sebagai permainan tradisional masyarakat Indonesia yang memiliki banyak manfaat loh.

Kepala Klinik Olahraga UNM, Prof. Dr. M Nadjib Bustan.MPH menuturkan bahwa skipping rope merupakan adalah olahraga yang murah dan mudah namun besar manfaatnya. Skipping rope merupakan bentuk latihan pliometrik atau latihan untuk menguatkan tulang dan fleksibilitas serta kemampuan aerobik.

“Yang terpenting, olahraga ini bisa dilakukan semua kalangan terutama anak-anak,” terangnya saat ditemui di STIK Makassar, jalan Maccini Raya.

Bagi anak-anak, lanjutnya skipping rope akan membantu tumbuh kembang tulangnya. Sehingga sekalipun sederhana sangat besar manfaatnya.

Di Australia, kata Najib olahraga ini diteliti dan dikembangkan dalam model trampolining. Saking bermanfaatnya, setiap rumah yang ada di Australia nyaris semuanya memiliki trampolining.

Hanya saja menurut dosen Fakultas Olahraga Uiversitas Negeri Makassar ini, anak-anak menggunakannya tanpa ukuran dan takaran. Sebagaimana dalam olehraga dibutuhkan perhatian lebih terhadap beban, repitisi, porsi, durasi dan sebagainya.

“Untuk ukuran dan takarannya saya tidak tahu pasti yang jelas mengukur kemampuan maksimal dalam artian sekuat orang itu melakukannya,” ujarnya.

To Top