Temuan Baru!! Batu Safir Srilangka ini Diklaim Terbesar dan Termahal di Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Temuan Baru!! Batu Safir Srilangka ini Diklaim Terbesar dan Termahal di Dunia

FAJAR.CO.ID- Baru-baru ini dunia batu akik kembali gempar. Salah satu pertambangan batu mulia (safir dan Ruby) terbesar di Srilangka mengumumkan temuan yang menghebohkan.

Batu blue safir sebesar 1.404.49 karat ditemukan dalam bentuk bongkahan. Safir tersebut adalah yang paling besar saat ini.

“Pada momen saya melihat batu itu, niatan membeli saya langsung muncul,” kata sang pemilik yang namanya ingin disamarkan kepada BBC yang dilansir sejumlah media, Selasa (5/1/2016).

Batu tersebut telah disertifikasi oleh Germ Instite atan institute permata Colombo, Ibu Kota Sri Langka. Seorang warga kini telah membeli batu itu segarga USD 100 juta atau setara dengan Rp1,3 tiliun.

Sang pemilik mengaku, ketika batu itu disodorkan kepadanya, dia percaya batu safir bintang biru itu terbesar di dunia.”Akibat alasan tersebut saya membelinya,” ucapnya bangga.

Si pemilik juga sangat percaya diri batu ini dapat memecahkan rekor batu sebelumnya senilai 1,395 karat karena harga yang dibayarkan tidak kecil.

Batu yang terbilang luar biasa ini ditaksir seharga USD 100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun. Namun, sang pemilik diperkirakan akan melepasnya dengan harga USD 175 juta (setara Rp 2,4 triliun) dalam lelang.

Ekspor batu akik di Sri Lanka merupakan salah satu industri yang paling banyak diminati. Setiap tahunnya tercatat ekspor batu safir mencapai USD 103 juta (setara Rp 1,4 triliun).

Maraknya batu akik di Sri Lanka bermula dari Kota Ratnapura. Kota ini dikenal dengan nama ‘Kota Batu Akik’. (iqi)

Click to comment
To Top