Tiga SKPD Tunggu Pelantikan Bupati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Tiga SKPD Tunggu Pelantikan Bupati

FAJAR.CO.ID, MAROS – Tiga jabatan pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Maros masih diisi pelaksana tugas (Plt).

Rumitnya pengusulan pejabat baru di daerah yang dipimpin penjabat bupati membuat Pemkab lebih memilih menunggu pelatikan bupati defenitif.

SKPD itu masing-masing Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sekretaris Kabupaten (Sekkab Maros, Baharuddin menjelaskan jika daerah yang dipimpin penjabat bupati ingin mengganti pejabat eselon dua, maka harus mengusul ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Itu prosesnya lama, butuh waktu berbulan-bulan. Selain itu kewenangan penjabat bupati juga terbatas pada hal-hal tertentu sehingga kita putuskan menunjuk plt sampai bupati definitf dilantik,” ujar Baharuddin.

 

Jabatan kepala SKPD yang terakhir ditunjuk Kepala Disdukcapil. Pejabat sebelumnya Andi Nawir yang telah pensiun digantikan staf ahli Bidang Kesra, Dr Naziruddin.

Selain itu, Andi Nawir juga tengah tersangkut kasus dugaan korupsi lampu jalan. “Tapi beliau memang sudah memasuki masa pensiun sehingga jabatannya di-plt-kan,” katanya.

Sebelumnya, kepala Dishub Rahmat Bustar juga harus dicopot dan digantikan plt Hasbi Nurdin, Desember lalu. Rahmat juga tersangkut kasus yang sama. Bahkan telah ditahan di Bareskrim Mabes Polri.

Sementara plt Kepala BPBD dijabat Andi Arifudin Wahab menggantikan pejabat sebelumnya Yudhi Indra Jaya yang meninggal beberapa waktu lalu. Penunjukan plt harus dilakukan demi menghindari kevakuman birokrasi. (haris syah/FAJARONLINE)

 

loading...
Click to comment
To Top