Walhi: TPA Tamangapa Sudah Tak Layak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Walhi: TPA Tamangapa Sudah Tak Layak

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang memiliki luas sekitar 14,3 hektare yang telah digunakan selama 22 tahun. Sedianya dirancang untuk kebutuhan 10 tahun, namun kenyataannya Pemkot Makassar masih menggunakan TPA padahal kondisinya sudah tidak layak.

Unit Aksi Walhi Sulsel, Muh Ferdhiyadi menghimpun suara warga yang berada di Kelurahan Tamangapa, Kelurahan Manggala, Kelurahan Bangkala di Kecamatan Manggala yang merasakan dampak pencemaran udara, dampak dari gas hasil pembusukan sampah dan selama musim hujan ini baunya semakin menyengat karena dibasahi air hujan.

“Kondisi ini semakin diperparah dengan tingginya volume sampah rata-rata 800 ton per hari. Bahkan warga yang rumahnya berada di Perumnas Antang selama dua tahun terakhir ini terganggu bau sampah di TPA yang semakin bertambah menyengat hingga tercium sampai radius tiga kilometer,” ujarnya Rabu 6 Januari.

Tentunya, warga tidak merasa nyaman ketika mengonsumsi makanan di rumah akibat dari bau sampah serta mengalami sesak nafas akibat kualitas udara yang juga buruk.

Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan, Jufri Pabe pun sependapat. Menurutnya, Pemkot Makassar tidak menunjukkan keseriusan dalam implementasi pengelolaan sampah yang lebih memperhatikan aspek lingkungan.

“Padahal Kota Makassar kembali mendapatkan penghargaan Piala Adipura 2015 tetapi persoalan sampah di kota ini selalu saja menjadi masalah yang tidak terselesaikan dari tahun ke tahun,” sesalnya.

Jangan sampai, kata dia, aksi protes warga yang berada di Jalan Borong pada 24 Desember 2014 lalu terhadap pengelola TPA terjadi lagi. Hanya karena tidak ada kegiatan penurunan sampah dari truk sehingga sampah mencapai ke pemukiman warga. “Pemkot harus mencari solusi terkait hal ini,” tegasnya. (Fadhly/FAJARONLINE)

 

loading...
Click to comment
To Top