18 Legislator Parepare Dituntut Dua Tahun Penjara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

18 Legislator Parepare Dituntut Dua Tahun Penjara

FAJAR.CO.ID,  MAKASSAR – Sebanyak 18  legislator Parepare peiode 2004-2009 yang tersangkut dugaan korupsi tunjangan perumahan dituntut dua tahun penjara denda Rp50 juta dan subsider dua bulan.

Hal itu tertuang dalam tuntutan yang dibacakan jaksa, Hasbi Saleh di Pengadilan Tipikor Makassar, Rabu 6 Januari. “Menyatakan para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi,”  ujar jaksa di hadapan majelis hakim yang diketuai Muhammad Damis.

Para terdakwa  dijerat dengan pasal 3 Undang-undang No. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Dia mengatakan hal yang memberatkan para terdakwa karena tidak mendukung program pemerintah dan tidak adanya kesadaran untuk mengembalikan kerugian negara.

Sedangkan yang memberatkan para terdakwa karena bersikap sopan selama proses persidangan dan bersikap kooperatif.

Kasi Pidsus Kejari Parepare itu mengatakan jumlah terdakwa awalnya sekitar 23 orang b DPRD. Namun ada lima orang diantaranya yang sudah meninggal dunia sehingga yang disidangkan sisa 18 orang. Uang pengganti yang dikenakan juga bervariasi, tergantung banyaknya anggaran tunjangan  perumahan yang diperoleh.

Ada beberapa yang di-PAW sehingga nominal uang penggantinya juga kecil. “Uang penggantinya untuk Andi Liling sekitar Rp10.625.000, sedangkan 16 orang terdakwa lainnya diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp13.625.000 dan satu diantaranya atas nama terdakwa Muh Siradz A Sapada dibebankan membayar uang pengganti sebesar Rp15.750.000,” katanya.

Namun jika yang bersangkutan tidak membayarkan uang pengganti, maka diganti hukuman penjara enam bulan. (arini/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top