BBM Turun, tapi Harga Bahan Pangan Meroket – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

BBM Turun, tapi Harga Bahan Pangan Meroket

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR  – Kebijakan pemerintah yang menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak berpengaruh terhadap harga bahan pangan pokok. Bahkan penurunan BBM tersebut tidak membuat  harga sembako ikut turun. Sebaliknya ada yang naik.

Seperti di Pasar Panakkukang, Jalan Toddopuli, Rabu 6 Januari, beberapa sembako justru  mengalami kenaikan harga, di antaranya cabai rawit dan keriting  yang naik dari harga Rp25.00 menjadi Rp40.000/kg.

Demikian tomat yang sebelumnya seharga Rp10.000 naik menjadi Rp15.000/kg,  harga bawang merah naik dari Rp20.000 ribu menjadi Rp40.000.kg. Bahkan kenaikan yang cukup mengagetkan  terjadi pada kacang merah yang naik hingga 100 persen dari Rp30.000 menjadi Rp60.000/kg.

Dalam dua hari terakhir harga sayuran juga  mulai merangkak naik. Misalnya kol dan sawi meski kenaikan harganya hanya beberapa ribu rupiah saja.

“Kenaikan harga sudah terjadi sejak sebulan terakhir kenaikan harga ini diduga akibat cuaca buruk hingga kurangnya pasokan dari daerah penghasil sembako dan diperparah dengan tingkat kebutuhan saat natal dan tahun baru kemarin,” kata bebera[a penjual.(*/fajaronline)


 

 

loading...
Click to comment
To Top