Bekas Banjir Bandang di Karangawen Disemprot Water Canon – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bekas Banjir Bandang di Karangawen Disemprot Water Canon

PATI – Prihatin dengan kondisi warga korban banjir, Rabu (6/1) sekitar pukul 07.30 sampai 11.30 WIB Polres Pati menggelar kerja bakti sosial di sepanjang jalan Desa Karangawen RT 1, 2, 3, RW 1 Kecamatan Tambakromo. Kerja bakti dipimpin langsung KBO Sabhara Iptu Daffid Paradhi.
Sebelumnya, Selasa (5/1) Desa Karangawen dan Pakis diterjang banjir bandang. Musibah ini akibat tingginya curah hujan yang tinggi dari kawasan pegunungan Kendeng kemudian mengalir deras ke wilayah bagian bawah dan menyebabkan banjir bandang. Di Desa Pakis, ketinggian air yang menggenang mencapai 50 cm.
“Selasa sore hujan sangat lebat di wilayah Tambakromo. Setelah itu, banjir bandang tiba,” kata Krisno, warga Kayen yang kebetulan mengetahui insiden tersebut.
Menurut Krisno, salah satu penyebab banjir bandang adalah intensitas hujan yang tinggi disertai kondisi hutan di Gunung Gendeng yang gundul, sehingga tidak ada resapan pada bagian atas. Akibatnya, air tidak bisa meresap dan menggelontor ke bawah.
“Petani juga banyak yang tidak mengolah tanah dengan baik. Mereka biasanya menggunakan obat rumput. Resapan di atas dan bawah sangat minim sehingga memang rawan terjadi banjir bandang,” jelasnya.
Nah, melihat kondisi ini aparat gabungan Polres Pati, Bakorwil Pati, Dakar, Rapi, Tagana, Polsek Tambakromo, Koramil Tambakromo, dan warga masyarakat Desa Karangawen Kecamatan Tambakromo berusaha membersihkan sisa sisa banjir.
“ Kegiatan bakti sosial ini membersihkan jalan utama, jalan gang dan halaman rumah warga yang terkena lumpur akibat banjir bandang ,” ujar Iptu Daffid Paradhi.
Menurut Daffid, personel yang terlibat bakti sosial diantaranya 10 personel Dalmas Polres Pati, 15 personel gabungan Tagana, Rapi, Bakorwil, PMK, 10 personel Polsek Tambakromo, dan 11 personel Koramil Tambakromo. Kegiatan bakti sosial juga didukung 1 unit pemadam kebakaran dan 1 unit water canon Polres Pati. (sf)

loading...
Click to comment
To Top