Ikut-Ikutan Pasang Gembok Cinta Ditaman Taman, Dinas Pertamanan Langsung Kena Protes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Ikut-Ikutan Pasang Gembok Cinta Ditaman Taman, Dinas Pertamanan Langsung Kena Protes

FAJAR.CO.OD, JAKARTA- Baru seminggu terpasang, gembok cinta garapan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang menuai pro dan kontra. Fasilitas yang berada di Taman Jalan Veteran itu menjadi sorotan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang sebab dipandang dapat melemahkan posisi Kota Malang sebagai Kota Bermartabat.

Sejak dibuka pada Kamis (31/12/2015) lalu, puluhan gembok telah terpasang di jarring-jaringnya. Fasilitas Gembok Cinta tersebut berbentuk persegi berukuran 2,5×2,5 meter dengan jaring-jaring di bagian tengahnya. Di sekeliling jarring terdapat tulisan Ngalam I’ m in Love berwarna pink neon, membuatnya tampak eye catching. Niatnya, wahana tersebut menjadi ikon seperti Gembok Cinta di Jembatan Pont Des Invalides, Prancis, sebagai tempat untuk mengabadikan cinta lewat memasang gembok.

Ketua MUI Kota Malang KH Baidlowi Muslich, adanya gembok cinta dipandang memberikan fasilitas remaja untuk berpacaran, apalagi lokasinya berada di seputaran kawasan pendidikan. Sejak dipasang makin banyak remaja dan para muda-mudi yang memanfaatkan untuk berfoto selfie , ada yang mengukuhkan jalinan persahabatan, banyak pula yang mengabadikan jalinan asmara. Kami mendapatkan laporan masyarakat tentang keberadaan gembok cinta. Dan akan segera melakukan pengecekan ke lokasi, ujar dia.

Pihak MUI ingin melihat seperti apa fasilitas tersebut. Jika memang tujuannya tidak jelas, terlebih dapat meresahkan masyarakat terutama orangtua. Maka kami akan memusyawarahkan di MUI, katanya. Menurut Baidlowi, para ulama sekarang sedang membangun karakter masyarakat Kota Malang yang islami. Akan tetapi justru banyak budaya-budaya yang tidak islami seolah-olah difasilitasi pemerintah.

Baidlowi juga menyoroti, belum lama ini ada kejadian di depan Balai Kota Malang, tentang muda-mudi yang melakukan perbuatan memalukan. Sepasang muda-muda berciuman di taman pada siang hari. Ditambah gembok cinta ini, seolah memberi izin.

Padahal pemerintah sudah berkomitmen menjadikan Kota Malang kota bermartabat, jelasnya. Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Malang Moch Anton mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberi penjelasan kepada MUI Kota Malang . Akan kami sampaikan terkait adanya gembok cinta di Jalan Veteran , serta tujuan pembangunannya, jelas Anton .

Sebab menurutnya, keberadaan gembok cinta tidak akan melemahkan keberadaan Kota Malang sebagai kota bermartabat, seperti yang dikhawatirkan oleh MUI.

Menurutnya, nilai filosofis taman itu adalah mengajak anak muda untuk mencintai Kota Malang yang sudah baik dalam merawat dan menambah taman baru.

Di sana kan ada kata I Love Malang, artinya agar kita mencintai, makna mencintai adalah menjaga, tidak merusak, kata Anton. Anton tidak sepakat jika taman itu diberi nama Taman Cinta sebagaimana anggapan beberapa pihak. Soal gembok, Anton sendiri tidak mengetahui pasti fungsinya untuk apa.

Saya gak ngerti soal gembok itu, nanti saya coba cek langsung, tandasnya. Ditanya perihal ekses taman itu untuk melegalisasi anak muda pacaran, Anton tegas menolak anggapan itu. (lil)

loading...
Click to comment
To Top