Pilkades di Kudus Segera Digelar Serentak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pilkades di Kudus Segera Digelar Serentak

KUDUS – Pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Kudus sempat tertunda pelaksananya pada pada Desember 2015. Hal ini karena dasar hukumnya yakni peraturan bupati belum ada. Namun awal Januari 2016 ini ada kabar baik. Sebab sekarang sudah ada peraturan bupati Kudus. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten kudus , Noor Yasin , kemarin.

“Sudah ada perbupnya. Sekarang sedang kita laksanakan sosialisasinya bagaimana pelaksanaan pilkades serentak di Kudus,” terang Noor Yasin di Pendopo Kabupaten Kudus.
Seperti pernah diberitakan Rakyat Jateng, di Kudus terdapat enam desa yang kosong kepemimpinan definitifnya seiring habisnya masa jabatan. Keenam desa tersebut adalah Desa Hadiwarno dan Mejobo, Kecamatan Mejobo, Desa Langgardalem dan Kaliputu (Kota), Desa Loram Kulon Kecamatan Jati, dan Desa Getasrabi, Kecamatan Kaliwungu.
“Kita perkirakan akhir Febuari nanti sudah bisa laksanakan pilkades serentak di enam Desa itu. Supaya segara ada pejabat desa definitifnya . Sehingga pelayanan pada masyarakat setempat bisa lebih baik dan ada kepastian hukum,” jelasnya.
Menurut Noor Yasin, mendapat pemberitahuan tentang perbup tentang pilkades serentak tersebut memang baru awal tahun 2016, sehingga rencana semula pilkades di akhir 2015 diundur.
“Kita kalau tidak ada dasar hukum kan tidak berani melangkah,” tuturnya.
Selain pengisian jabatan kepala desa melalui pilkades serentak, para pejabat kepala dinas atau eselon II juga bakal mengalami penataan. Sebab pihaknya sudah mengirimkan daftar nama-nama ke pemerintah pusat untuk dilakukan penilaian.
“Sekarang kan masih ada Plt-Plt. Nanti selain pengisian kursi plt juga dilakukan mutasi dan promosi,” ungkapnya.
Dijelaskan, sejak berlakukan Undang-undang aparat sipil Negara, pengisian jabatan eselon II di kabupaten/kota harus mendapat persetujuan dari Komite Aparat Sipil Negara ( KASN). Sehingga jenjang karier aparat bisa sesuai dengan system yang berlaku.
“Kita sudah membentuk pansel, assessment. Semua langsung kita kirimkan akhir tahun kemarin untuk mendapat persetujuan. Diperkirakan akhir bulan ini balasan dari pusat bisa turun. Sehingga Februari akan ada penataan besar-besaran di level eselon II pemkab Kudus,” pungkasnya sembari tersenyum. (sf)

loading...
Click to comment
To Top