Bosowa-Distan Maros Berdayakan Wanita Tani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bosowa-Distan Maros Berdayakan Wanita Tani

FAJAR.CO.ID, MAROS — PT Semen Bosowa Maros bekerjasama Dinas Pertanian Kabupaten Maros membentuk 11 Kelompok Wanita Tani yang tersebar di 2 Desa yang ada di ring satu pabrik Semen Bosowa, Desa Baruga dan Tukamasea Kecamatan Bantimurung, Maros.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap selama Januari 2016. HRD Bosowa, Nur Alang menjelaskan pembentukan Kelompok Wanita Tani ini untuk memberikan edukasi pemanfaatan lahan pekarangan bagi ibu­ibu rumah tangga. Apalagi melihat kondisi pekarangan rumah di daerah tersebut banyak yang kosong.

“Program ini dimulai dengan melakukan sosialisasi hingga pemindahan benih/bibit dari pesemaian ke polybag. Adapun tanaman yang di fokuskan lebih banyak sayuran dan palawija seperti bayam, kangkung, sawi, kacang panjang dan lain­lain,” urai Nur Alang, Jumat 8 Januari.

Pihak Dinas Pertanian Maros yang juga terjun langsung dalam pembinaan Kelompok Wanita Tani itu memberikan materi serta praktek pembuatan racun hama tanpa campuran kimiawi pestisida dan training pembuatan pupuk dengan sistem pengembangbiakan bakteri yang disebut Pupuk Organik Cair (POC).

Sebagai contoh, Teknis Pembuatan POC yang diajarkan ini menggunakan bahan air beras, santan, gula pasir, akar putri malu, buah­buahan yang membusuk seperti pepaya, mangga, nenas atau pisang. Berbagai bahan tersebut dicampur dengan takaran tertentu kemudian disimpan tertutup selama seminggu sebelum digunakan. Nur Alang berharap, dengan adanya program seperti ini, maka masyarakat utamanya ibu­ibu rumah tangga akan memiliki kesibukan yang bermanfaat dan bisa menikmati hasil tanaman dengan memanfaatkan lahan pekarangan. (M Haris Syah/FAJARONLINE)

Click to comment
To Top