Hanya Batasi Pendaftar E-KTP, Pelayanan Lainnya Masih Jalan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Hanya Batasi Pendaftar E-KTP, Pelayanan Lainnya Masih Jalan

KUDUS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Kabupaten Kudus hanya membatasi pendaftaran pelayanan E-KTP. Sedangkan pelayanan lainnya masih tetap jalan seperti biasanya.

Kepala Disdukcapil Kudus, Hendro Martoyo mengatakan pembatasan hanya pada pendaftar E-KTP sehingga setelah mencapai 500 pemohon sehingga pendaftaran tersebut ditutup.
“Pelayanan seperti pembuatan akte kelahiran dan pelayanan lainnya masih jalan. Cuma permohonan E-KTP setelah ada 500 pendaftar terus ditutup. Meskipun masih pagi dan pemohon perekaman E-KTP masih banyak mengantre,” katanya kemarin (7/1).
Menurutnya langkah tersebut dilakukan karena kemampuan petugas perekaman hanya mampu melayani kisaran 500 pemohon saja. Sehingga meskipun jam 08.00 WIB pagi pelayanan sudah ditutup. Jika jumlah tersebut telah terpenuhi
“Kemampuan teman-teman memang segitu. Karena pagi petugas menginput dan sorenya cetak. Sehingga jika sudah 500 pelayanannya ditutup, untuk E-KTP. Coba banyangkan sebanyak itu harus dilayani. Satu orang itu membutuhkan waktu antara 5-10 menit,” jelasnya.
Hendro mengungkapkan bahwa terkadang waktu untuk mengerjakan 500 E-KTP tidak mencukupi sehingga saat PNS lain sudah pada pulang petugas perekaman dan pencetakan E-KTP masih mengerjakan tugasnya.
“Kasihan teman-teman itu, sampai pulang malam. Sehingga kami harapkan pada masyarakat kalau ada kesempatan langsung mengurus ke kantor. Kalau banyak antrean dan banyak pemohon ya harus dimaklumi. Masyarakat harus sabar dan memenuhi prosedur yang ada,” ujarnya.
Adapun langkah antisipasi yang akan dilakukannya dengan cara menambah alat dan personil pada tahun depan. Sehingga dapat memenuhi pelayanan masyarakat dalam membuat E KTP bisa terpenuhi.
“Sesuai UU prosedurnya perekaman harus dilakukan di disdukcapil. Sehingga tahun depan kita akan tambah alat dan SDM. Karena satu mesin itu harus dua operator, kalau nanti SDM masih kurang kita bisa ambilkan tenaga outsourcing,” terangnya. (nr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top