Ini Tiga Kandidat Kuat Pengganti Nur Alam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Ini Tiga Kandidat Kuat Pengganti Nur Alam

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Setelah beberapa kali mengalami penundaan, Musyawarah Wilayah (Muswil) IV Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya akan digelar pada 24 Januari 2015 mendatang bertempat di Kota Kendari.

Meskipun masih berupa pendaftaran calon formatur, namun sudah ada beberapa figur yang akan berkompetisi dalam Muswil tersebut untuk menggantikan posisi Nur Alam. Mereka adalah Ketua DPD PAN Kota Kendari Asrun (Wali Kota Kendari), Ketua DPD PAN Buton Samsu Umar Abdul Samiun (Bupati Buton) dan Sekprov Sultra, Lukman Abunawas.

Dijelaskan, Muswil PAN Sultra menggunakan sistem formatur. Calon ketua umum harus menjadi formatur jika ingin memimpin DPW PAN Sultra. Mereka akan diseleksi dalam Muswil tersebut dan dikirim ke DPP PAN. Ajang itu nantinya dimanfaatkan untuk menyeleksi sejumlah kader terbaiknya PAN dan mencari figur yang tepat, sebagai pengganti Nur Alam untuk menakhodai Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sultra periode 2016-2021.

Pendaftaran formatur rencananya akan dibuka pekan ini. Tinggal menunggu hasil rapat internal panitia bersama stering komite. Muswil PAN Sultra nantinya akan dihadiri Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan.

Ketua Panitia Muswil PAN Sultra, Abdul Razak mengaku hingga saat ini belum ada kader yang mendaftarkan diri sebagai formatur. Kendati demikian,  Abdul Razak tidak menampik ketika disinggung nama-nama di atas yang digadang-gadang akan mencalonkan diri sebagai calon Ketua DPW PAN Sultra yang baru. “Belum bisa dipastikan. Tapi kabarnya sih begitu. Kita tunggu saja nanti,” ujar Abdul Razak, Selasa (5/1).

[NEXT-FAJAR]

Ketua DPRD Kota Kendari ini menambahkan, panitia Muswil membuka ruang bagi non kader dalam memperebutkan posisi Ketua Umum DPW PAN Sultra. Tak heran jika Lukman Abunawas juga muncul dalam kompetisi ini. Razak menilai, asalkan memenuhi krikteria yang ditetapkan nantinya, bisa mendaftar sebagai formatur.

“Krikterianya belum bisa dipublikasikan secara rinci saat ini. Masih akan dibahas dalam rapat internal panitia bersama stering komite. Kendati demikian, PNS tidak diperbolehkan mendaftar, kecuali mengundurkan diri sebagai PNS,” terangnya.

Mantan Ketua DPD PAN Kota Kendari itu menambahkan, formatur yang dihasilkan dalam Muswil PAN kali ini akan diserahkan ke DPP PAN. “Empat dari sini dan satu dari DPP. Mereka lah yang akan menentukan siapa yang dipercaya menjadi ketua,” jelasnya.

Ia melanjutkan, jika dalam musyawarah tidak menemukan kesepakatan maka dilakukan voting. “Itu semua sudah tertuang dalam peraturan partai nomor 2 tahun 2015, jadi hasil Muswil nanti tetap menggunakan cara musyawarah untuk menentukan Ketua DPW PAN 24 Januari nanti,” ujarnya.

Abdul Razak mengimbau seluruh kader dan simpatisan PAN untuk turut menghadiri dan menyukseskan Muswil IV PAN Sultra. “Saya mengimbau kepada seluruh DPD PAN di Sultra untuk menyukeskan Muswil PAN yang akan dihelat 24 Januari mendatang,” imbaunya. (had/hrm/b)

loading...
Click to comment
To Top