Kecanduan Bermain Game Online Berbahaya Loh..!! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Kecanduan Bermain Game Online Berbahaya Loh..!!

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Bermain game online memang memiliki beberapa keunggulan. Namun tak selamanya membawa hal positif bagi pemain, apalagi dikalangan anak-anak. Hal tersebut juga membawa petaka apabila terlalu kecanduan.

Psikolog Pendidikan dan Perkembangan Universitas Negeri Makassar (UNM), Eva Meizara Puspita Dewi SPsi MPsi menuturkan, orang tua perlu mewaspadai bila sang buah hati terlalu candu terhadap game online.

“Bisa berdampak pada gangguan kesehatan. Anak yang candu game online sukar bergerak. Dia akan lebih fokus pada permainannya saja. Ini tidak bagus bagi kesehatan si anak,” ucap Eva.

Bukan hanya dari segi kesehatan, emosional anak juga terganggu. “Apabila game yang dipilihnya bersifat agresif maka si anak juga akan bertingkah sama. Ini sangat berbahaya,” tambahnya.

Oleh karena itu, Eva berharap orang tua harus selektif dan membatasi anaknya untuk bermain. Caranya dengan memberi porsi jam yang sesuai.

Sudah banyak kasus terjadi efek dari kecanduan game online pada anak. “Anak-anak bisa bolos sekolah. Dia sudah tidak memikirkan untuk belajar. Yang dia pikirkan hanya game dan game,” sebut perempuan kelahiran Malang, 23 Mei 1977 ini.

Eva tidak menampik, anak yang kecanduan berlebih bisa melakukan pencurian jika tak lagi memiliki uang untuk merealisasi kesenangannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top