Pentingnya Mengetahui Faktor Gangguan Haid – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Pentingnya Mengetahui Faktor Gangguan Haid

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Masa baliq bagi wanita ditandai dengan menstruasi (haid) setiap bulannya secara rutin, atau sebagai tanda wanita tumbuh dari anak-anak menjadi remaja. Namun, beberapa wanita pasti ada yang mengalami gangguan haid. Masalah nggak sih?

Dr Nusratuddin Abdullah SpOG (K), MARS saat memasuki fase baliq, yang rata-rata usia 11 tahun ke atas gangguan haid kerap terjadi. Gangguan yang dimaksudkan adalah terlambat haid atau justru haid yang berlebihan, dalam artian terlalu sering haid hingga kadang dua kali dalam sebulan.

Tidak perlu khawatir, menurut Nusratuddin, hal ini merupakan hal yang wajar. Ini biasanya terjadi selama lima tahun sejak haid pertama. “Asalkan tidak terjadi pendarahan, gangguan haid seperti ini tidak perlu dikhawatirkan,” ujarnya.

Adapun penyebab gangguan haid di lima tahun pertama adalah karena poros hormon dari otak ke indung telur belum matang. Untuk mematangkannya perlu dilatih dengan obat. “Obat yang digunakan adalah obat hormonal dalam bentuk pil KB,”katanya.

Gangguan haid yang kedua adalah terjadi pada orang yang akan memasuka masa menopause. Biasanya, lima tahun sebelum menopause terjadi. Penyebabnya adalah poros hormon yang sudah aus atau payah.

“Kalau tadi saat lima tahun pertama poros hormonnya belum matang, kali ini karena poros hormonnya yang sudah aus,” katanya.

Dokter RS Internasional Wahidin Sudirohusodo ini mengatakan, rata-rata lima tahun terakhir adalah usia 45 tahun hingga 50 tahun. Kemudian yang ketiga adalah gangguan pada masa reproduksi.

Saat ini terjadi, gangguan haid terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena stres, ada penyakit polikistik dan hiperprolaktin. “Tapi kebanyakan karena stres,” katanya.

Senada disampaikan oleh Spesialis Kebidanan dan Kandungan lainnya, dr Dewi Setyawati M Sp OG bahwa penyebab terbanyak gangguan haid adalah stres. “Obesitas juga sangat berpengaruh, karena itu dianjurkan olahraga,” jelasnya.

Click to comment
To Top