2016, PBSI Tingkatkan Kualitas Wasit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

2016, PBSI Tingkatkan Kualitas Wasit

FAJAR.CO.ID, CIPAYUNG – Sebuah acara bertajuk Refreshing Referee 2016 dihelat Pengurus Besar PBSI di markas Cipayung sejak Kamis hingga Sabtu (7-9/1). Acara ini merupakan ajang penyegaran buat para referee Indonesia sekaligus media sosialisasi update terbaru dari BWF (federasi bulutangkis dunia).

“Tujuan dilangsungkan acara ini adalah meningkatkan kualitas referee atau wasit, sekalian mempersiapkan tugas mereka yang akan datang, termasuk persiapan ujian referee. Selain itu, akan ada update dari BWF yang akan kami sosialisasikan seperti regulasi, law dan sebagainya. Hal ini penting untuk disampaikan kepada mereka supaya bisa mengimplementasikan aturan-aturan yang terbaru,” kata Eddyanto Sabarudin, Kasubid Turnamen dan Perwasitan PP PBSI.

Sebanyak 18 referee yang tersebar dari 13 provinsi di Indonesia, tercatat mengikuti acara ini. Pada hari pertama, PP PBSI akan memberikan pengarahan mengenai penggunaan teknologi dalam pengelolaan pertandingan yang ada dalam perangkat lunak tournament planner.

Di hari kedua, referee akan kembali mendapatkan pelatihan mengenai pengundian dalam turnamen, serta ketentuan disaat atlet batal bertanding atau mundur dari sebuah pertandingan. Referee nasional akan menjalani studi kasus per daerah di hari terakhir.

“Semakin banyak referee Indonesia, maka akan semakin menguntungkan buat kita. Karena seorang referee dapat memberikan pengetahuan kepada atlet maupun tim ofisial mengenai aturan di bulutangkis. Terkadang ada tim ofisial yang kurang mengerti ketentuan sehingga bisa merugikan atlet,” tambah Eddyanto.

Refresing Referee ini merupakan kali ketiga yang diselenggarakan PBSI. Sebelumnya, PP PBSI juga mengadakan event yang sama pada tahun 2013, 2014 dan 2015. (badmintonindonesia.org)

Click to comment
To Top