Hari Ini dan Besok, FPTI Temanggung Gelar Kejuaraan Panjat Dinding, Peserta se-Jateng – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Hari Ini dan Besok, FPTI Temanggung Gelar Kejuaraan Panjat Dinding, Peserta se-Jateng

TEMANGGUNG – Untuk pertama kalinya Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Cabang Temanggung menggelar kejuaraan panjat dinding tingkat Jawa Tengah. Puluhan atlet panjat dinding amatir dari berbagai daerah di Jateng akan beradu keterampilan menjadi yang tercepat di kejuaraan yang digelar hari ini, Sabtu (9/1) dan hari Minggu (10/1) besok di Taman Kawedanan, Kecamatan Parakan.

Disambangi di kantornya Jumat (8/1), Ketua (FPTI) Cabang Temanggung, Ripto Susilo mengatakan tujuan kejuaraan panjat tebing adalah memasyarakatkan olah raga ini di tengah-tengah masyarakat Temanggung.
“Kita mencoba agar panjat tebing ini bisa lebih populer di tengah masyarakat, sehingga minat dan bakat untuk olahraga ini berkembang, imbasnya tentu akan semakin bermunculan bibit bibit muda,” terangnya.
Ia mengungkapkan, untuk saat ini memang kita akui prestasi atlet panjat tebing Kabupaten Temanggung memang belum mengkilap. Contoh kecil di Kejuaraan Dulongmas yang baru lalu, prestasi Temanggung baru mendapatkan satu perunggu.
“Namun prestasi tersebut saya kira sudah sangat membanggakan karena FPTI Temanggung belum lama terbentuk, sangat jauh bila dibandingkan dengan cabang olah raga lainya,” akunya.
Ketua FPTI Temanggung ini berharap, agar di kejuaraan ini atlet-atlet Temanggung bisa lebih mempunyai pengalaman di kejuaraan. Iklim kompetitif semakin terasah, tentu kedepannya atlet-atlet Temanggung semakin matang menghadapi kejuaraan serupa di level yang lebih tinggi.
Ripto melanjutkan semula kejuaraan ini dibatasi hanya untuk ruang lingkup eks Karisidenan Kedu saja, namun faktanya daerah lain seperti Kabupaten Kendal, Banyumas, Semarang, Pekalongan, Kudus, dan Surakarta menujukkan antusias tinggi untuk ambil bagian sebagai peserta.
“Akhirnya membuka pendaftaran peserta secara lebih luas, khususnya lingkup Jawa Tengah. Ada untungnya juga, kejuaraan menjadi semakin kompetitif,” katanya.
Untuk kejuaraan yang pertama ini, lanjutnya, ada dua nomor yang diperlombakan yaitu speed classic dan interval bolder yang menggunakan dinding setinggi 12. Para peserta sendiri akan dibagi atas tiga kelompok umur. Kelompok C untuk usia 7 sampai 11 tahun, B 12 sampai 16 tahun, dan A lebih dari 17 tahun. “Kejuaaan ini hanya untuk pembinaan dan perbaikan peringkat para atlet saja,” pungkasnya. (din)

Click to comment
To Top