Kuliah Ke Luar Negeri Itu Mudah, Yang Penting Tahu Kuncinya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kuliah Ke Luar Negeri Itu Mudah, Yang Penting Tahu Kuncinya

KUDUS – Sebenarnya untuk bisa kuliah ke luar negeri itu sangat mudah. Asalkan mengetahui kuncinya. Dan kuncinya sendiri cukup sederhana untuk dijalankan. Tapi sayangnya kesempatan ini dibiarkan berlalu begitu saja.

Hal itu diungkapkan M. Zuhal A Lathif, motivator asal Singapura saat menjadi pemateri dalam acara motivatalk; ROAD TO SUCCESS “Kiat Sukses Kuliah di Luar Negeri” yang diadakan Madrasah Qudsiyyah di salah satu hotel di Kudus, Sabtu (9/1).
“Untuk bisa kuliah di luar negeri yang butuhkan hanya keinginan yang kuat, determinasi atau tujuan yang jelas, dan persiapkan. Sebenarnya itu saja yang menjadi kunci sukses kuliah di luar negeri,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Zuhal menyebut dari kunci tersebut yang pertama dibutuhkan adalah keinginan yang kuat. Keinginan kuat dalam mencari ilmu ini sangat penting, mengingat dengan adanya keinginan kuat jalan untuk kuliah di luar negeri akan menjadi mudah.
Selain itu harus ada fondasi agama yang kuat agar tidak melenceng dari tujuan dan agama semula. Sehingga di manapun berada pelajar Indonesia di tempa tetap sebagai mutiara dari Indonesia.
“Semua pelajar Indonesia bisa kuliah ke negara manapun asalkan tekadnya kuat dalam mencari ilmu. Tekad yang kuat dalam mencari ilmu akan dimudahkan jalannya oleh Allah. Baik mau melanjutkan kuliah ilmu agama maupun ilmu umum,” jelasnya.
Menurutnya, dunia global sekarang ini sangat terbuka bagi siapa pun, tergantung pelajarnya sendiri, dan harus bisa menguasai bahasa inggris. Itu kuncinya agar bisa diterima di negara manapun di dunia ini.
“Banyak kesempatan yang terbuka tapi tak diambil karena kurangnya kesiapan yang dilakukan pelajar Indonesia. Sehingga kesempatan tersebut hanya berlalu begitu saja. Sudah saatnya pelajar Indonesia menggantungkan cita-cita setinggi langit atau di bulan. Jangan gantungkan cita-cita di atas pohon kelapa nanti jatuhnya pun sakit. Artinya kalau target kita tinggi jika meleset masih di bawahnya sedikit. Kalau targetnya rendah atau kecil dapatnya ya kecil-kecil,” tandasnya.
Berani berpikir yang jauh juga diperlukan agar berani menuju impian yang diidamkan. Kalau tidak berani berpikir kuliah di luar negeri tentu tidak berani kuliah di luar negeri. Seperti halnya dengan tidak berani berpikir menjadi kaya mustahil bisa menjadi kaya.
“Nothing impossible, tidak ada yang tidak mungkin. Semuanya mungkin, Allah kuasa kok. Sayangnya, ketika sudah berhasil kuliah di luar negeri terkadang pelajar Indonesia jadi lupa diri. Sehingga di luar negeri seharusnya belajar justru jalan-jalan,” terangnya. (nr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top