Rakernas PDIP, Megawati Singgung soal MEA – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Rakernas PDIP, Megawati Singgung soal MEA

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan bertepatan dengan peringatan HUT ke-43 PDIP, negara-negara ASEAN memasuki babak baru dalam hubungan ekonomi, yaitu Economic ASEAN Community.

“Peringatan HUT Partai tahun ini, bertepatan dengan dimulainya Economic ASEAN Community, atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” kata Megawati saat menyampaikan pidato pembukaan pada Rakernas PDIP 2016, di Hall D, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/1).

Ia menjelaskan, pemberlakuan MEA melalui proses panjang yang diawali dengan penandatangan Declaration Of ASEAN Concord II di Bali pada bulan Oktober 2003. Sedangkan MEA sendiri merupakan pilar pertama dari tiga pilar yang tertuang dalam ASEAN vision 2020. Dua pilar lainnya yakni: ASEAN Political-Security Community, dan ASEAN Sosio-Cultural Community.

“Pada perkembangannya, MEA ternyata tidak hanya melibatkan negara-negara ASEAN. Ada enam negara lain yang ikut bergabung dalam MEA, yakni Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan, India dan Cina,” ungkap Presiden Kelima RI ini.

Pertanyaannya, kata Megawati, mampukah kita bersaing dengan negara-negara tersebut. “Ini jelas merupakan tantangan tersendiri bagi kita sebagai bangsa. Kita tidak perlu takut. Kewaspadaan tetaplah diperlukan. Kita harus mempersiapkan sumber daya manusia yang ada, guna menjawab tantangan liberalisasi terkait dengan arus bebas tenaga kerja terampil,” tukasnya. (rus/rmol)

To Top