Kandang Ayam Terbakar, 6.000 Ayam Terpanggang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kandang Ayam Terbakar, 6.000 Ayam Terpanggang

PATI – Musibah kebakaran terjadi Minggu (10/1) dini hari. Kali ini, kebakaran menghabiskan kandang ternak ayam milik H. Salim warga Dukuh Galombo, Desa Tegalharjo, Kecamatan Trangkil Pati. Akibat musibah kebakaran tersebut, sekitar 6 ribu ayam yang berada di kandang tersebut ludes terpanggang ganasnya api.

Menurut informasi yang dihimpun Rakyat Jateng (Fajar Grup), kobaran api diduga berasal dari tungku pemanas berupa drum berisi kayu bakar dan serbuk kayu atau grajen yang terguling hingga mengenai tumpukan kayu yang ada di sekitarnya.
Harno, salahsatu saksi menceritakan, mulanya dia kaget dengan suara ayam yang sangat kencang. Setelah didekati, ternyata api sudah berkobar sedemikian hebat.
“Saya dengar suara ayam keras sekali saling bersahutan. Saya kaget dan mendekati sumber suara. Ternyata api sudah berkobar membakar kandang,” kata Harno.
Kemudian dia memberitahukan ke warga lain agar membantu memadamkan api. Selain itu juga ada yang melaporkan ke Polsek Wedarijaksa.
“Informasinya dibawah tungku pemanas berupa drum ada bara kayu bakar dan serbuk kayu terguling. Lalu baranya mengenai tumpukan kayu di sekitarnya hingga menyebabkan api berkobar. Api kemudian menjalar hingga melalap dua los kandang ayam,” kata AKP Sulistyaningrum, Kapolsek Wedarijaksa AKP Sulistyaningrum.
Menurut Kapolsek, warga beramai-ramain berusaha memadamkan api namun tidak berhasil. Setelah tiga unit Damkar dari Pemkab Pati baru kemudian api berhasil dijinakan. Tidak ada korban dalam insiden tersebut, tetapi sedikitnya 6.000 ekor ayam berumur dua hari hangus dilalap api
Salim, pemilik peternakan mengaku kerugian material ditaksir mencapai Rp 375,8 juta. Perincianya, dua los kandang ayam masing-masing berukuran 9×33 meter nilainya mencapai Rp 325 juta.Sebanyak 6.000 ekor ayam berumur dua hari yang terbakar nilai mencapai Rp 36 juta. Sementara itu, pakan ayam sebanyak 40 karung nilainya mencapai Rp 14,8 juta.
“Kerugian memang banyak, tapi alhamdulilah beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” terang Salim. (sf)

Click to comment
To Top