Korlantas Polri Tegaskan Pengelompokan SIM C Masih Wacana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Korlantas Polri Tegaskan Pengelompokan SIM C Masih Wacana

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masyarakat belakangan ini dibingungkan dengan adanya pemberitahuan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri soal penggolongan surat izin mengemudi (SIM) C untuk roda dua. Kebijakan itu merujuk pada telegram rahasia bernomor 2652/XII/2015 yang dikeluarkan Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono.

Namun, Condro menegaskan kebijakan itu bukan untuk pengelompokan SIM C. “Isinya saya luruskan, itu bukan pengelompokan SIM C, tapi soal batas perpanjangan SIM C,” ujarnya di Jakarta, Senin (11/1).

Menurutnya, bagi yang SIM C yang sudah habis masa berlakunya kurang dari setahun, maka masih bisa diperpanjang. Namun, jika SIM C milik warga sudah tidak berlaku lagi lebih dari setahun,  maka tidak bisa diperpanjang.

Sebelumnya informasi yang beredar menyebut  SIM C akan digolongkan menjadi tiga. Yakni SIM C untuk kendaraan 0-250 cc, lalu 251-500 cc menjadi SIM C 1, dan SIM C 2 untuk kendaraan 501-1000 cc ke atas.

Menurut Condro, pengelompokan itu baru sebatas wacana yang belum menjadi kebijakan. “Itu masih wacana dan belum diberlakukan. Jadi ini harus diberitahukan bahwa tidak benar isi TR soal penggolongan SIM C,” sambung jenderal Polri berbintang dua ini.

Selain itu Condro juga mengungkapkan, pihaknya akan mengundang direktorat dan satuan lalu lintas dari seluruh kepolisian daerah ataupun kepolisian resort. Tujuannya untuk membahas sanksi pencabutan SIM bagi pengendara yang melakukan pelanggaran berat atas aturan yang sudah diberlakukan.

“Ini (pencabutan SIM, red) adalah usulan yang kami tampung, dan harus dikaji jikalau ingin diberlakukan,” paparnya.

Apabila akhirnya nanti disepakati, lanjutnya, sanksi pencabutan SIM pun akan diterapkan. “Tentu untuk pelajaran bagi pengendara, jangan karena mempunyai SIM lalu berbuat seenaknya di jalanan,” ujar mantan  Kapolda Riau ini. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top