KPK Periksa Anggota Komisi VII di Kasus Dewi Yasin Limpo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

KPK Periksa Anggota Komisi VII di Kasus Dewi Yasin Limpo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berupaya merampungkan berkas perkara suap yang menjerat Anggota Komisi VII DPR Dewie Yasin Limpo. Hari ini (12/1), penyidik komisi antirasuah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Anggota Komisi VII DPR Bambang Haryadi sebagai saksi dalam perkara tersebut.

“Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap terkait usulan penganggaran proyek pembangunan insfrastruktur energi terbarukan Kabupaten Deiyai, Papua,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi.

Selain itu, penyidik juga memanggil ‎Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman. Dia juga dijadwalkan untuk diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dewie Yasin Limpo.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan lima orang tersangka. Selain Dewie Yasin Limpo, kasus ini juga menyeret dua anak buahnya yaitu Rinelda Bandaso dan Bambang Wahyuhadi. KPK juga menetapkan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Deiyai Irenius Adii dan pengusaha PT Abdi Bumi Cenderawasih Setyadi Jusuf sebagai tersangka, yang Senin (11/1) kemarin mulai diadili di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Keduanya didakwa menyuap Dewie Yasin Limpo melalui Rinelda Bandaso dan Bambang Wahyuhadi sebesar SGD 177.700 atau senilai Rp 1,7 miliar. Suap itu diberikan dengan maksud supaya Dewie Yasin Limpo mengupayakan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan pembangkit listrik di Kabupaten Deiyai, Papua.

Atas perbuatannya, Irenius dan Setyadi dijerat dengan pasal 5 ayat 1 huruf a atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana, dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 miliar. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top