Potensi Pertambangan Emas, di Rampi Ada Ribuan Hektar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Potensi Pertambangan Emas, di Rampi Ada Ribuan Hektar

FAJAR.CO.ID, MASAMBA — Ada potensi pertambangan emas di Rampi, Luwu Utara. Diklaim terdapat pada puluhan ribu hektare lahan.

Investor di bidang pertambangan, PT Citra Palu Menerial (CPM) disebut-sebut serius mengelola tambang emas di Rampi. Izin tahap eksplorasi yang didapatkan akan ditingkatkan menjadi ekploitasi.

Izin ekplorasi tambang yang didapatkan PT CPM dari Kementrian ESDM berlaku sejak 1997 hingga 2039. ”Berupa kontrak karya,” beber Suaib Mansyur, Kadis Pertambangan dan Energi Luwu Utara kepada FAJAR, kemarin.

Perusahaan yang berkantor di Jakarta ini mendapat lahan seluas 39 ribu hektare di Kecamatan Rampi. Kewenangan mengeluarkan izin tambang berada di pusat dan ESDM Provinsi. Dinas Pertambangan Kabupaten Luwu Utara hanya sebatas koordinasi.

Sejauh ini, PT CPM masih melakukan ekplorasi. Mereka menyelidiki kandungan emas di Rampi. Sebab, pada permukaan memang ada kandungan emas. Belum diketahui berapa deposit atau rincian kandung yang ada di dalamnya.

Lokasi yang diberikan untuk ditambang dari perusahaan PT CPM sebagian besar kawasan hutan dan perkebunan warga. Sebagian lagi merupakan perkampungan. Terutama daerah Tedeboe dan Singkalong.(saharuddin/yusriadi/imam dzulkifli/Fajaronline.com)

loading...
Click to comment
To Top