Waspada, Hama Ulat Mulai Rugikan Petani Bulukumba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Waspada, Hama Ulat Mulai Rugikan Petani Bulukumba

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Hama ulat rayap kembali menyerang tanaman jagung, salah satunya di Kecamatan Herlang kebupaten Bulukumba. Penyuluh Pertanian Desa Singa, Kecamatan Herlang, Bulukumba, Muhammad Yusuf, mengatakan, akibat dari serangan hama ulat itu, ada petani yang menanam jagung hingga tiga kali.

Dia mengaku, hama ulat rayap itu sulit dibasmi. “Petani berkali-kali memberikan pestisida untuk membunuh hama tersebut, tapi racun hama itu tidak mempan,” katanya, Melasa 12 Januari.

Hama ulat rayap itu sulit dibasmi, lanjut dia, karena ulatnya dari dalam tanah. Sehingga, hama tersebut mulai memakan tanaman jagung mulai dari bawah.
Menurut dia, kadang tanaman jagung masih kelihatan bagus, tapi akarnya telah mati.

Dia mengatakan, serangan hama ulat itu hampir tiap tahun terjadi. “Hama ulat itu terjadi karena cuaca yang tidak menentu, kadang hujan kadang panas matahari,” kata dia.

Salah seorang petani di Desa Karassing, Kecatan Herlang Ramli mengatakan, bahwa serangan hama ulat itu merugikan dirinya dan petani lainnya. “Kami harus menanam jagung berkali-kali baru bisa menunggu hasil,” jelasnya.

Sedangkan bibit jagung itu, menurut dia, dibeli, sehingga dirinya bersama petani lainnya mengalami kerugian pembelian bibit jagung dan racun hama.

“Saya berharap ada bantuan dari pemerintah, pemberian bibit jagung dan racun pembasmi hama gratis,”terangnya. (Mustaqim/Dwiyani Prihatin/Fajaronline.com)

loading...
Click to comment
To Top