Wow… Tukang Parkir Bisa Kantongi Rp 13 Juta Sebulan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Wow… Tukang Parkir Bisa Kantongi Rp 13 Juta Sebulan

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Parkir liar di kawasan Tepian Mahakam, Jalan Gajah Mada masih menjamur. Padahal, kawasan itu sudah ditetapkan sebagai area bebas parkir sejak pekan lalu.

Hal itu wajar karena penghasilan di kawasan tersebut memang menggiurkan. Setidaknya hal itu terungkap dari riset yang dilakukan Kaltim Post beberapa hari terakhir.

Koordinator Tim Riset Kaltim Post Erizal Respati mengatakan, pemantauan jumlah kendaraan dilaksanakan pada hari kerja sejak pukul 19.00-21.00 Wita. “Waktu ini dipilih, karena menurut kami adalah jam puncak pengunjung datang,” terang Erizal.

Penghitungan kendaraan roda dua dilakukan setiap 15 menit. Nah, rata-rata sebelas kendaraan roda dua yang datang. Setiap jukir mengenakan tarif Rp 2 ribu per sepeda motor. Jadi, setiap 15 menit, jukir akan mengantongi Rp 22 ribu.

Artinya, dalam dua jam jukir bisa mengantongi Rp 176 ribu. Tentu saja, mereka tak hanya beroperasi selama dua jam. Tepian Mahakam biasa ramai pengunjung hingga tengah malam.

Dengan demikian, selama lima jam beroperasi, mereka bisa membawa pulang uang sebesar Rp 440 ribu. Bisa dibayangkan, dalam 10 hari, omzet mereka bisa mencapai Rp 4,4 juta. Jika sebulan, jukir bisa mendapat “omzet” Rp 13,2 juta. Lebih tinggi dari upah minimum provinsi (UMP) Kaltim Rp 2,1 juta. Jumlah tadi belum dihitung dengan pendapatan jukir pada akhir pekan dan hari libur. (fch/er/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top