Hati-hati Jika Anda Termasuk Nomophobia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Hati-hati Jika Anda Termasuk Nomophobia

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Nyaris tiap orang sering merasa takut, gelisah dan cemas saat jauh-jauh dari handphone (HP). Wduh, berhati-hatilah, jangan sampai Anda termasuk dalam kategori nomophobia.

Spesialis Kejiwaan, dr Iman Subekti Sp KJ menuturkan bahwa dalam ilmi kejiwaan ada yang dinamakan dengan nomophobia. Secara umum nomophobia merupakan gangguan pada masyarakat digital atau virtual masa kini, di mana mereka mengalami perasaan tidak nyaman (discomfort), cemas, nervous ataupun perasaan sedih bila tidak memiliki kontak dengan HP atau komputernya.

Karakteristik penderita nomophibi, selalu menggunakan gadget dengan menggunakan waktu yang panjang. Memiliki lebih dari satu gadget, serta selalu membawa charger ataupun powerbank.

Nah, pada orang dengan nomophobia, HPnya selalu siaga 24 jam dan senantiasa tidur berdekatan dengan HP. Dengan demikian mereka sedikit sekali kontak sosial langsung dengan orang lain dan lebih memilih berkomunikasi menggunakan gadget.

“Nomophobia sebenarnya muncul akibat dari ketergantungan terhadap gadget dan penggunaan secara impulsif,” terangnya.

“Kalaupun pekerjaan mengharuskan selalu berdekatan dengan gadget, tetaplah beranggapan bahwa gadget hanyalah alat bantu komunikasi dan pekerjaan, bukan pusat kehidupan kita,” sambungnya.

Click to comment
To Top