Kantor Bupati Maros Percontohan Perda Rokok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kantor Bupati Maros Percontohan Perda Rokok

FAJAR.CO.ID, MAROS — Perda nomor 11 tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok, mulai efektif diterapkan sejak 1 Januari lalu. Perokok diancam denda Rp1juta. Kantor Bupati Maros menjadi lokasi percontohan penegakan perda itu, menyusul tempat umum dan fasilitas milik pemerintah lain.

Kepala Satpol PP Maros Husair Tompo menyebut pihaknya berkomitmen menegakkan perda tersebut, tanpa tebang pilih. Karena itu, Kantor Bupati dirasa sebagai tempat yang pas untuk dijadikan percontohan. Pasalnya di kantor itu tentu banyak pejabat dan PNS.

“Meski pada awalnya kami hanya memberi teguran dan sanksi administratif, kami yakin kebiasaan merokok disembarang tempat akan berubah sedikit demi sedikit,” katanya, Rabu 13 Januari Pantauan FAJAR, sesaat lalu, ruangan khsusus merokok di lantai 1 dan 2 kantor bupati Maros dipadati perokok pada jam istirahat. Satpol PP juga rutin merazia perokok, sambil membawa botol plastik berisi air. “Kami tegur dan rokoknya diminta dicelup ke botol,” jelas Husair.

Ke depan, Perda itu juga akan efektif diberlakukan di sekolah­sekolah. Namun sebelumnya, Pol­PP akan melakukan sosialisasi dengan pemasangan papan bicara. Hal ini juga mendapat dukungan dari DPRD Maros. (M Haris Syah/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top