Philips Tekan Angka Kematian Ibu Melalui Aplikasi Smartphone – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Philips Tekan Angka Kematian Ibu Melalui Aplikasi Smartphone

FAJAR.CO.ID, SIJUNJUNG – Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) hari ini mengumumkan kerja sama dengan Kabupaten Sijunjung di Sumatera Barat untuk menerapkan program Mobile Obstetrical Monitoring Solution yang pertama di Indonesia secara menyeluruh dan komersil.

Solusi berbasis ponsel pintar ini didesain untuk mengidentifikasi komplikasi kehamilan berisiko dan membantu memperbaiki angka kematian ibu. Tahun ini, layanan telehealth MOM direncanakan untuk diperkenalkan ke daerah-daerah lain di Indonesia, India dan Afrika.

Suryo Suwignjo mengatakan, Solusi pencatatan kehamilan ini memungkinkan para bidan di area terpencil, untuk mengirim data pengukuran vital, data observasi, dan gambar ultrasonik mobile kepada dokter kebidanan dan kandungan ke rumah sakit yang lebih besar, serta bekerja sama dengan mereka agar dapat menentukan perawatan yang lebih tepat dan cepat selama periode kehamilan. Layanan ini menggunakan dua aplikasi ponsel.

“Dengan diluncurkannya solusi Mobile Obstetrical Monitoring (MOM) Philips di Sumatera Barat, kami dapat membantu masyarakat desa terpencil untuk mendapatkan layanan dari ahli kesehatan dan teknologi yang tepat dan di waktu yang juga tepat. Hal ini merupakan salah satu contoh bagaimana teknologi digital dapat memfasilitasi tindakan pencegahan dan memberikan dampak besar pada kualitas pelayanan,” ujarnya.

Lanjut dia, dalam program percontohan selama setahun, di mana Philips bekerjasama dengan Bundamedik Healthcare System yang telah dilaksanakan sebelumnya. Program tersebut melibatkan lebih dari 650 kehamilan, dan tak satu pun ibu meninggal karena penyebab kematian yang berhubungan dengan kehamilan dan kelahiran dapat dihindari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, dr Edwin Suprayogi MKes mengaku bangga Sijunjung menjadi kabupaten pertama yang mengimplementasikan program MOM.  “Di sisi lain, program MOM juga bisa membantu kami memantau efektifitas petugas layanan kesehatan di lapangan sehingga kami dapat meningkatkan keahlian dan kualitas layanan kesehatan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Philips juga bekerjasama dengan PT Telkom, penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, untuk memungkinkan solusi MOM menjangkau area yang luas di seluruh Indonesia.

Click to comment
To Top