Ini Data Pembangunan Jalan 2016 di Makassar, Rp122 Miliar. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini Data Pembangunan Jalan 2016 di Makassar, Rp122 Miliar.

 FAJAR.CO.ID, MAKASSAR,  – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melakukan pembangunan 44 ruas jalan pada 2016 ini. Pembangunan jalan ini menelan anggaran sebesar Rp 122 miliar.

Kepala Seksi Perencanaan Jalan dan Pembangunan PU Makassar, Suriady mengatakan, pembangunan jalan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 Kota Makassar.

“Dari DAK sebesar Rp100 miliar, sementara APBD sekitar Rp22 miliar,” kata Suriady, Kamis (14/1).

Dia menerangkan, DAK tersebut terdiri dari DAK Sarana dan Prasarana Jalan (SPP) sebesar Rp 75 miliar dan DAK Infrastruktur Publik Daerah (IPD) sebanyak Rp25 miliar. DAK untuk pembangunan 22 jalan dan 22 jalan lagi dari APBD. Pengerjaan jalan terdiri dari beton dan aspal.

“Pembangunan jalan akan ditenderkan pada pertengahan Februari mendatang. Dan pelaksanaan proyek ditargetkan Maret nanti,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Makassar, Ansar mengatakan, 2016 sebagai tahun infrastruktur sesuai instruksi Walikota Makassar M Ramdhan Pomanto. Dinas PU Makassar memiliki peran dominan dalam pembangunan infrastruktur.

Dia mengaku, PU kembali mengalokasi anggaran pembangunan jalan pada tahun ini. Pembangunan jalan mencakup pengerjaan trotoar dan median jalan. Pembangunan median jalan akan dirampungkan pada 2016.

“Misalkan, di Jl Boulevar kan baru dilaksanakan pembangunannya, jadi 2016 ini dirampungkan median jalannya, median jalannya akan dilebarkan,” kata Ansar.

Menurutnya, median jalan dilebarkan agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana pejalan kaki dan untuk pedagang kaki lima (PK5). Saran tersebut akan ditata sehingga nyaman bagi masyarakat. Sekitar Rp30 miliar digelontarkan untuk penataan PK5 dan pembangunan trotoar atau median jalan sebesar Rp 50 miliar.

“Median jalan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti listrik dan sarana air bersih,” tuturnya. Dia menambahkan, PU Makassar memprioritaskan pembangunan trotoar di empat titik. Titiknya, yakni Jl Haji Bau, kawasan Anjungan Pantai Losari, Jl Ahmad Yani dan Jl Jend Sudirman.

Penataan PK5 dipusatkan di Jl Metro Tanjung Bunga, Jl Kartini, Jl Timah, Jl Boulevard, Antang, Jl Yusuf Dg Awing dan Jl Hertasning. Lokasi PK5 akan diatur sedemikian rupa. PK5 tinggal masuk tanpa membawa gerobak. Semua fasilitas disiapkan PU Makassar.

Data pembangunan Jalan Tahun 2016 dengan Dana DAK
-JL Kakatua
-Jl Baruga Raya
-Jl Sungai Saddang
-Jl Pengayoman
-Jl Buolevard
-Jl Mallombassi
-Jl Abd Dg Sirua
-Jl Salodong
-Jl AP Pettarani 2
-Jl AP Pettarani 3
-Jl Abd Dg Sirua 2
-Jl Lasuro Raya
-Jl Datuk Ribadang
-Jl Toddopuli 10
-Jl Lanraki
-Jl Tanjung Alam
-Jl Serui
-Jl Flores
-Jl Barukang
-Jl Sarappo Selatan
-Jl Ballang Lompo
-Jl Perintis Kemerdekaan VII

APBD
Jl Datuk Ditiro 3
Jl Kakatua Lr 7
Jl Pampang 5
Jl Paccinang 1
Jl Komp TNI AL Kapasa
Jl Mamoa Raya
Jl Bonto Mangape
Jl Tidung V
Jl Bonto Mene’
Jl Tidung 10
Jl Kalimantan
Jl Andi Tadde
Jl Haji Bora
Jl Muhajirin I
Jl Pettarani I
Jl Manuruki 2
Jl Faisal 14
Jl Campagaya
Jl Bitoa Raya
Jl Darul Ma’arif
TPA Tamangapa
Jl Sabutung I .

(Suryadi Maswatu/Rakyatsulsel.com)

loading...
Click to comment
To Top