Pantau PNS Malas, KDL Makassar Akan Dilengkapi CCTV – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pantau PNS Malas, KDL Makassar Akan Dilengkapi CCTV

FAJAR.CO.ID,  MAKASSAR– Tekad Pemerintah Kota Makassar untuk meningkatkan dan memantau kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Makassar terus dilakukan.

Pasalnya, selain 69 Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di jalan untuk memantau aktivitas masyarakat Kota Makassar dan kejahatan jalanan. Kini pemerintah Kota Makassar menargetkan 500 kamera CCTV tahun 2016 ini untuk memantau aktivitas dan kinerja sehari-hari dalam lingkup SKPD Makassar.

“Sudah 69 kamera CCTV yang terpasang di jalan raya. Sekarang ini Pemkot dan Kadis Infokom Kota Makassar akan menambah CCTV menjadi 500 unit untuk dipasang di semua kantor mulai dari kantor lurah, camat, dinas gabungan hingga fasum dan fasus lingkup Kota Makassar,” terang Danny, Kamis (14/1).

Menurut Danny, tujuan penambahan CCTV di berbagai instansi lingkup Kota Makassar agar dapat memantau kinerja SKPD dan perangkat lainnya untuk terus bekerja sesuai prograk kerja yang diamanahkan ke wilayah masing-masing.

“Kalau CCTV di jalan untuk memantau aksi kejahatan. Kalau CCTV di kantor SKPD sebagai pengintai dan pemantau apakah lurah, camat, hingga SKPD lainya bekerja atau tidak. Ini yang kita mau kontrol. Karena pusat pantauan dan kendali Makassar Smart City (Makassar Operation Room) berada di lantai sepuluh gedung Balaikota Makassar,” tuturnya.

Menurut Danny, alasan Pemkot memasang CCTV di semua kantor atau ruangan lingkup SKPD karena banyak laporan SKPD sering berkeliaran di waktu jam kerja.

“Waktu jam kerja PNS sering keluar, kadang juga lambat masuk kantor sesuka hati. Bahkan malas beraktivitas di kantor. Hal ini yang harus dicegat agar tetap terkontrol di bawah pengawasan kami,” katanya.

Danny menambahkan, CCTV tersebut diperkirakan akan rampung akhir 2016 ini. Karena anggaran sudah disiapkan melalui APBD.

“Anggaran sudah siap, bahkan anggota dewan yang turun langsung memantau CCTV tersebut sangat apresiasi sehingga hal ini juga tercapai,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi, Muh Ismunandar. Dikatakan, operation room ini akan terintegritas dengan CCTV di seluruh SKPD dan akan dipasang diseluruh kecamatan dan kelurahan lingkup Makassar.

”Iya kita akan koneksikan dengan cctv di semua kantor lingkup Makassar. Salah satunya smart city adalah dengan operasion room. Ini ide Walikota Makassar Danny Pomanto,” ujarnya.

Ismunandar menambahkan bahwa permasalahan kota seperti sampah, kejahatan bermotor, kemacetan, dan permasalahan sosial lainnya akan terpantau dengan hadirnya war room ini.

“Di mana war room akan terkoneksi dengan sejumlah CCTV yang terpasang di pusat–pusat keramaian, ruang-ruang publik dan juga lorong-lorong yang dianggap berpotensi terjadi tindakan kriminal. Mobil tangkasaki, dottorotta, dan aksi begal akan dipantau di ruang ini (war room),” tuturnya. (Rakyatsulsel.com)

loading...
Click to comment
To Top