Rawat Payudara Anda Selagi Hamil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Rawat Payudara Anda Selagi Hamil

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sangat penting bagi ibu hamil untuk terus merawat payudaranya loh. Kenapa? yah, tentunya harus memiliki pelbagaipersiapan sebelum melahirkan, termasuk kesiapan menyusui bayi. Nah salah satu cara yang dilakukan menurut medis adalah perawatan payudara.

Perawatan payudara bertujuan untuk memperlancar pemberian Air Susu Ibu (ASI). Terutama bagi ibu yang puting susunya menjorok ke dalam. Spesialis Kandungan RS. Internasional Wahidin Sudirohusodo (RSWS), Dr.dr. Isharyah Sunarno Sp.OG (K) menuturkan bahwa biasanya ibu yang memiliki puting susu menjorok ke dalam sulit menyusui bayinya. Kadang kala berakibat puting lecet dan sakit saat disusui.

“Inilah yang kadang membuat ibu enggan menyusui bayinya, atau menyusui tapi tidak tuntas seperti yang dianjurkan,”ujarnya.

Ay sapaanya menyarankan bahwa perawatan dilakukan sejak awal kehamilan. Dan semakin intensif setelah kehamilan berusia enam bulan.

Adapun perawatan payudara menurut Bidan Pada Bagian Mother and Child RSWS, Fauziah, S.ST mengungkapkan perawatan payudara dilakukan secara teratur sebagai persiapan laktasi.

Cara pertama adalah mengompres puting menggunakan minyak pada kapas. Biasanya minyak yang digunakan adalah baby oil. Lakukan selama tiga hingga empat menit.

Cara kedua adalah setelah puting dibersihkan, payudara dipegang menggunakan ibu jari dan telunjuk lalu diputar ke dalam 20 kali dan diputar ke luar juga 20 kali. Selanjutnya, telapak tangan petugas diberi baby oil, ratakan kemudian payudara dipegang lalu diurut dari pangkal ke puting susu. Lakukan ini sebanyak 30 kali.

Keempat, pijat daerah puting sebanyak 30 kali. Ini dilakukan secara bergantian kiri dan kanan. Yang kelima payudara dirut tetapi tidak menggunakan telapak tangan melainkan buku-buku jari tangan sebanyak 30 kali. “Terakhir dibersihkan menggunakan air bersih,” katanya.

To Top