Hati-hati Tindik Lidah Berdampak Tumor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Hati-hati Tindik Lidah Berdampak Tumor

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Beberapa tahun yang lalu, tindik lidah marak di kalangan remaja. Saat ini meski tidak booming namun style ini masih menjadi tren. Apalagi biar kelihatan keren.

Spesialis Bedah Mulut, drg. Andi Tajrin, Sp.BM menuturkan bahwa tindik dilidah sebenarnya hanya tren dan gaya hidup. Jika dilihat dari diagnosis dan indikasinya, tidak ada.

Namun, akibatnya bisa menjadi buruk. Salah satunya terjadi tumor di lidah. “Tindik di lidah merangsang pertumbuhan tumor karena adanya iritasi (gesekan terus menerus) berlangsung lama,” ujarnya.

Pemilik klinik TJ Dent ini mengungkapkan selain merangsang pertumbuhan tumor, tindik di lidah akan berdampak langsung pada kesehatan. Ia memisalkan dampak gangguan bicara secara langsung.

Di samping itu, tindik lidah tidak dapat dikontrol atau dapat saja tertelan atau masuk kejaringan lidah yang lebih dalam. Kalau sudah demikian, tindik akhirnya tidak kelihatan lagi.

Hal ini, menyebabkan masalah terutama secara fisik mengganggu jaringan daerah tersebut dan dapat menyebabkan infeksi. Nah, ia menyarankan bagi yang terlanjur menggunakan sebaiknya kontrol setiap saat ada tidaknya kelainan pada tindik lidahnya.

“Tetapi sebaiknya jangan menggunakan tindik lidah oleh karena dapat menyebabkan kelainan kelainan fatal dalam mulut dan bahkan bisa tertelan,” tegasnya.

loading...
Click to comment
To Top