Masih Berani Balap Liar! Ini Dendanya, Anda Akan Kapok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Masih Berani Balap Liar! Ini Dendanya, Anda Akan Kapok

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Maraknya balapan liar yang terjadi di sejumlah titik cukup membuat polisi kewalahan. Untuk mengantisipasinya, Polres Bulukumba akan menerapkan denda sebesar Rp 2 juta bagi pelaku. Hal ini ditegaskan Kapolres Bulukumba, AKBP Selamat Riyanto, saat di temui di salah satu warkop.

Menurutnya, nilai denda tilang yang diterapkan selama ini sangat rendah, sehingga tidak memberikan efek jera kepada pelaku. Dijelaskannya, berdasarkan UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), denda maksimal bagi pelanggar lalu lintas hanya Rp500 ribu.

Untuk balap liar, akan dikenakan denda khusus dengan nilai maksimal Rp 2 juta. “Mereka masih pandang enteng sanksi yang kita berikan karena denda yang selama ini kita terapkan masih dianggap kurang efektif. Tapi kalau denda maksimal kita berikan mereka pasti kapok,” jelasnya, Sabtu 16 Januari.

Dari hasil penindakan selama ini, para pelaku balapan liar sebagian besar merupakan warga dari luar kota. Aksinya pun dilakukan pada waktu­waktu tertentu, seperi malam Minggu dan hari­hari libur lainnya. “Kita juga minta dukungan dan partisipasi masyarakat khususnya orang tua untuk mengawasi anak­anaknya,” Kapolres.(fajaronline.com/mustaqim)

loading...
Click to comment
To Top