Seperti ini Teroris Indonesia Mendapat Aliran Dana, Ternyata Dari… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Seperti ini Teroris Indonesia Mendapat Aliran Dana, Ternyata Dari…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Salah satu hal yang penting untuk mengungkap aksi terorisme adalah mencari aliran dana yang digunakan para peneror itu. Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso mengungkapkan bahwa lembaganya pernah mengindikasikan adanya transaksi mencurigakan ke Filipina yang diduga berkaitan dengan kegiatan terorisme.

“Dugaannya memang untuk pembelian senjata. Data itu sudah kami sampaikan ke Densus. Mereka yang harus follow the suspect,” ungkapnya.

Dari analisis tim PPATK, uang untuk membeli senjata itu diduga berasal dari Timur Tengah. Uang diarahkan ke sayap-sayap organisasi radikal di Indonesia, kemudian digunakan untuk membeli senjata di Filipina.

Agus mengungkapkan, fenomena pembiayaan terorisme di Indonesia kini berubah. Jika dulu banyak indikasi bahwa dana diperoleh dari aksi kriminal (perampokan bank dan sebagainya) serta penggalangan melalui sedekah, kini tidak begitu lagi.

“Tiga tahun belakangan, praktiknya melalui pengelolaan perusahaan,” terang pejabat yang berasal dari Bank Indonesia tersebut.

Penggunaan perusahaan itu diduga sebagai modus pencucian uang. Agar tidak mencolok, dana yang didapatkan dari Timur Tengah dikirim ke rekening perusahaan. Pengiriman uang itu bisa mencapai miliaran rupiah. Perusahaan tersebut dibuat seolah-olah memiliki aktivitas dengan melakukan transaksi-transaksi bisnis.

Agus tak mau memerinci perusahaan yang terindikasi melakukan praktik tersebut. Dia beralasan takut mengganggu kerja Densus 88. Sebab, semua data itu sudah diserahkan kepada Densus 88. “Modus ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Tapi, saya tidak bisa sebut daerahnya,” ucap dia. (idr/gun/ano/kim/mas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top