Hadang Penyidik KPK, Fahri Hamzah Didukung IPW – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Hadang Penyidik KPK, Fahri Hamzah Didukung IPW

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia Police Watch (IPW) mendukung ‎langkah Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah melawan para penyidik KPK yang melakukan pengeledahan tanpa menggunakan Standar Operasi Prosedur (SOP)  dan melanggar peraturan dan perundang-undangan.

“Kami mendukung sikap perlawanan Fahri Hamzah terhadap penyidik KPK yang melakukan penggeledahan yang tak sesuai dengan prosedur,” kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, Minggu (17/1).

Pihaknya ‎ memahami langkah Fahri Hamzah yang melawan tim penyidik KPK yang selain melanggar SOP, membawa anggota Pelopor Brimob bersenjata juga berani membentak-bentak pimpinannya. Gaya tim penyidik tersebut tak berbeda dengan cara-cara pasukan penculik para jenderal yang dikenal dengan pasukan Tjakrabirawa.

“Jelas KPK dalam pengeledahan kemarin memperlihatkan sikap yang sangat arogan dan mengedepankan gaya militeristik. Gaya KPK ini mirip dengan pasukan Tjarabirawa yang berani mendatangi rumah para jenderal untuk mencongkel mereka dengan menculik dan sebagainya. Saya sangat menyesalkan sikap-sikap yang seperti ini dan saya mendukung langkah Fahri melawan gaya KPK yang seperti ini,” ujar Neta.

Sikap KPK yang membawa aparatur Brimob bersenjata lengkap menurut Neta juga sangat disesalkan karena selain melanggar prosedur penggunaan senjata di Polri, tapi juga karena pengeledahan yang mereka lakukan dilandasi oleh surat yang salah dan tidak jelas dan pihak-pihak yang digeledah belum ditetapkan tersangka oleh KPK

Komisi antirasuah itu tegasnya seharusnya memahami bahwa ada azas hukum praduga tidak bersalah. “Saya lihat surat perintah penyidikannya, di sana tertulis hanya satu nama, yang lainnya hanya dan kawan-kawan dan tanggal  juga tidak tertulis tanpa bulan yang jelas,” katanya. (zul/rmol)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top